Refleksi 2023

Setelah Tantangan Blogging MGN yang merangkap TTM KLIP November 2021 dan Nulis Kompakan MGN November 2022, rasanya kurang lengkap kalau tak menutup 2023 dengan refleksi akhir tahun. Apalagi diingatkan Butet yang juga hobi membuat catatan tahunan menjelang tibanya tahun baru.

Sekalian mengisi blog lah ya. Sejak setor Skripsi KLIP kemudian menulis dua reviu buku untuk melengkapi setoran Tantangan KBK, praktis sudah dua minggu saya belum menulis sama sekali. 

Liburan yang Berat

Musim panas ini kami ke Indonesia lagi. Kali ini kami berempat. Meski hanya seminggu lengkap berempat di Indonesia. Kali ini, untuk kedua kalinya sejak merantau ke Prancis saya dan anak-anak langsung le Solo.

Selain suami baru bergabung belakangan di Bandung, ada beberapa urusan yang harus saya selesaikan di Solo. Dan toh mertua saya sering ada di Jogya, di rumah adik ipar saya, yang kemudian memang datang ke Solo dari Jogya.

Ke Indonesia tahun ini ternyata sulit untuk saya. Faktor usia dan kebiasaan hidup di Prancis yang terbukti jauh lebih sehat. Semua rasa sakit hilang saat sudah kembali ke Prancis. Harus diakui bahwa beban pikiran dan perasaan selama di Indonesia memang jauh lebih berat.

Ucok Lulus Bachelor

Kami ke Indonesia hanya berjarak setahun dari yang sebelumnya. Tujuan utamanya adalah untuk membawa si Ucok yang batal pergi di tahun 2022 karena terkena Covid. Terutama untuk Eyang Putrinya yang baru ditinggal Eyang Putra tahun lalu. 

Kami membawa Ucok sekaligus untuk merayakan kelulusan Bachelor-nya dan kemudian diterimanya di jenjang Master. Sebelum nantinya diperhitungkan akan makin sulit jalan-jalan berempat bersamanya.

Butet Premiere

Butet naik ke 1ere dengan nilai yang di luar dugaan sangat memuaskan. Meraih mention Excellence! 

Seperti ketentuan kurikulum, Butet memilih 3 spesialisasi: Mathematique, Physique-Chimie, dan SVT. Salah satunya harus didrop nanti saat naik ke Terminale.

Berpenghasilan

Awal tahun 2023 saya diberi amanah menjadi Pantarlih. Saya bertugas mengontak 200-an saudara sebangsa Indonesia. Ada yang berhasil, ada yang tidak. Tapi itu tak memengaruhi gaji yang diterima. Semua sama. Dikurangi pajak. Yang karena saya tak punya NPWP Indonesia, jadi dipotong lebih besar.

Saya juga menerima Rp250k saat menjadi Favorit pertama Tantangan Blogging MGN tentang Lifehack. Senang, tentu saja. Apalagi tulisan ini memang banyak pengunjungnya.

Lalu saya mendapatkan Rp100k setelah menjadi reels favorit dalam rangka Ulang Tahun Drakor Class.

Festival Cannes

Tahun 2023, untuk pertama kalinya saya benar-benar menikati Festival Cannes. Menonton banyak film meski di luar kompetisi utama. Bahkan sempat bertemu dan berfoto bersama dengan Jung Yumi serta Lee Sunkyun. Pertemuan dengan aktor yang tak mungkin terulang setelah kepergiannya akhir Desember ini.

Konsistensi

Awal tahun saya berhasil menuntaskan 30 Hari Bercerita. Di akhir tahun saya sukses lulus KLIP 2023. Kepuasan dilengkapi dengan meraih sertifikat konsistensi MGN dengan 6 badge!

Regenerasi

Mantap mundur dari kepengurusan KLIP setelah bertugas selama 2,5 tahun. Dimulai September 2021 membantu mengedit podcast di tim KBK, menjadi Penanggung Jawab Podcast tahun 2022, lalu Penanggung Jawab KBK tahun 2023.

Dari akhir tahun 2022 sudah mengajukan niat mundur dan minta rekrut anggota tim baru. Alhamdulillah mendapatkan dua orang yang amanah, dan terutama komunikatif! Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik ke depannya.

Targetan regenerasi di MPP belum berhasil. Meski alhamdulillah sudah makin banyak yang bersedia membantu untuk operator Zoom, masih perlu tambahan tenaga untuk mengurus Youtube. Semoga ada yang bersedia, tak perlu menunggu datangnya terpaksa.

2024?

Meski tak masuk Tim Ketulas KLIP, saya masih berniat mengikuti KLIP 2024. Sudah daftar di hari pertama. Urutan 2! Hahaha.

Masih mau ikut 30HBC, masih mau konsisten di MGN. Bahkan sedih menyadati bahwa Sinergia Artmazing Challenge sudah tak diadakan lagi sejak Oktober 2023 kemarin.

Mau melanjutkan editing Youtube MPP, mengurangi aktivitas sbg operator Zoom dan sebanyak mungkin menunjuk co-host. Demi keberlangsungan kajian juga kan!?

Berpikir panjang dan menata hati untuk rencana ke Indonesia lagi musim panas ini. Dengan pertimbangan bahwa musim panas tahun 2025 akan sulit berlibur karena insya Allah Ucok selesai Master dan Butet lulus SMA, yang tentu saja ada berderet agenda di belakangnya.

BismiLlaah 🙏


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah