KDrama The Real has Come

Akhirnya episode terakhir drakor The Real has Come (진짜가 나타났다!) rilis 19 September 2023 kemarin. Tuntas sudah 50 episode yang ditayangkan di Youtube KBS World tiap Senin dan Selasa sejak 3 April 2023 itu, setelah ditayangkan di kanal televisi KBS World tiap Sabtu dan Minggu, dua hari sebelumnya.

Sejak April? Lima puluh episode?

Yes! Ini tipe drama panjang. Opera sabun.

Pernikahan Palsu

Menceritakan tentang Oh Yeoundu (diperankan oleh Baek Jin-hee), seorang guru les muda yang cerdas dan disukai siswa-siswanya. Di hari dikiranya akan dilamar oleh pacarnya Kim Junha (diperankan oleh Jung Eui-Jae), dia mendapati Junha ternyata mendua. Marah, Yeondu mencoret-coret mobil yang dikiranya milik Junha, tapi ternyata milik Gong Taegyong (diperankan oleh Ahn Jae-hyun).

Tertangkap tangan, Yeondu malah pingsan. Taegyong membawanya ke rumah sakit. Rupanya selain memang stress, Yeondu sedang mengandung!

Saat memancing pendapat, Junha berkata akan meminta Yeondu menggugurkan kandungannya jika kedapatan hamil, agar tidak menghambat karir mereka yang sedang menanjak. Yeondu pun bertekad untuk menjaga kandungannya dan membesarkan anaknya sendiri.

Keluarga Yeondu ternyata menentangnya menjadi ibu tunggal. Ibu Yeondu mengancam akan bunuh diri jika Yeondu nekat membesarkan anak tanpa bapak. Yeondu lalu menerima tawaran Taegyong untuk pura-pura menikah. Taegyong sendiri yang sebelumnya anti pernikahan ingin menghindari menikah dengan Jang Sejin (diperankan oleh Cha Joo-Young), perempuan pilihan nenek, ibu dari ayah tirinya.

Opera Sabun

Premis drama ini terlihat klasik. Taegyong yang dari keluarga kaya dan Yeondu yang dari keluarga biasa-biasa saja. Mereka sih sudah bisa ditebak bakal jadian pada akhirnya. Namun ternyata Taegyong bukan anak kandung sang kepala keluarga. Dia anak bawaan dari istri keduanya. Taegyong dan ibunya tidak diterima oleh anak-anak istri pertama keluarga Gong, juga ibu si kepala keluarga.

Di sini serunya menanti anak Yeondu (dan Junha) diterima oleh keluarga Taegyong. Karena pasti bakal diterima pada akhirnya kan!? Tapi bagaimana jalannya dengan situasi Taegyong sendiri yang sudah rumit begitu?

Tergemas-gemas melihat tokoh Junha saat dia mengetahui keberadaan anaknya. Bagaimana mungkin dia berharap bisa mengklaim si anak begitu saja, sementara di awal dia mengatakan ingin menggugurkannya? 

Penasaran dengan kisah sampingan mengenai kehidupan pasangan saudara-saudara tiri Taegyong, juga keluarga Yeondu sendiri: kisah cinta pamannya yang rumit, dan kisah cinta adiknya yang merupakan ayah tunggal sejak SMA.

Sempat bertanya-tanya kenapa ada cerita soal anaknya si nenek, kalau ternyata meninggal dan tidak ada hubungannya dengan tokoh-tokoh yg ada. Ternyata ada, saudara-saudara. Namanya juga soap operaaaa.

Apa Itu Realitas?

Ada beberapa aspek yang saya dapati berbeda di drama ini. Tema penerimaan kehamilan di luar pernikahan rasanya belum pernah saya dapati sebelumnya di drama lain. Penerimaan secara eksplisit dan menjadi tema utama. Tentu pernah ada, tapi seingat saya hanya menjadi bumbu dan diarahkan ke bahwa itu suatu kesalahan.

Dalam drama ini, tokoh-tokoh yang mulanya jahat pada akhirnya menjadi baik atas kesadaran sendiri. Tidak perlu dihukum secara drastis atau berakhir dipermalukan, seperti dalam drama panjang klasik lainnya.

Penerjemahan judul drama ini menarik sekali. Real atau 진짜 adalah nama panggilan bagi  bayi dalam kandungan Yeondu. Unik, memang, saat saya mengetahui kebiasaan orang Korea yang menamai bayi yang masih dalam kandungan. Nama itu tak akan digunakan saat si bayi sudah lahir, nantinya.

Penamaan 진짜 sudah di-spoiler-kan di website KBS World

Real tak sengaja dipilih saat Yeondu dan Taegyong terpergok membicarakan tentang pernikahan mereka yang tidak riill. Untuk mengalihkan perhatian keluarga, mereka mengatakan bahwa itulah nama panggilan untuk si bayi!

Pengusungan tema bayi tabung, donor sperma, dan pernikahan sesama ipar sayangnya tidak diselesaikan. Apakah ingin penonton menentukan sendiri akhirnya? Karena realitas yang datang tidak selalu sejalan dengan yang kita harapkan?

Drama Akhir Pekan

Setelah menonton berturut-turut Young Lady and Gentleman di paruh kedua 2021 dan It's Beautiful Now di paruh pertama 2022, entah kenapa di paruh kedua tahun 2022 saya tak menonton drama panjang di Youtube KBS World. Sudah cukup banyak drama dalam kehidupan saya sendiri mungkin ya? Eh? Hehehe. Tak ada yang menarik saya, mungkin ya? 

Kali ini, selesai dengan The Real has Come, saya langsung nyambung dengan Live Your Own Life. Dan saya jadi ingat salah satu kemungkinan kenapa saya malas nonton drama panjang di akhir tahun; karena banyak libur! Seperti Senin-Selasa ini, tak ada episode baru karena akhir pekan kemarin Chuseok di Korea sana. Dan siaran kemungkinan besar akan terpotong lagi saat Natal dan Tahun Baru. 

Namun saya berniat akan lanjut nonton. Ada Uee dan Ha Jun di sana. Nonton santai saja. Sepertinya, drama yang disiarkan di akhir pekan adalah pedoman yang cukup bisa dipegang. Meski episode awalnya benar-benar menyebalkan! Yah, tunggu lima bulan lagi saja untuk ulasannya ... kalau saya tahan menontonnya sampai akhir, tentunya!

Oh ya. Drama-drama di Youtube KBS World tidak bisa diakses dari Indonesia. The Real has Come bisa ditonton di Vidio. Di Prancis, drama ini disiarkan juga di Viki dan masih on going di Netflix.

---

Update: Ternyata saya menulis terlalu cepat. Episode 3 Live Your Own Life ditayangkan di Youtube hari Selasa 3 Oktober, jam 15 CEST seperti biasa, setengah jam sesudah tulisan ini saya publikasikan. Rupanya, bukannya Sabtu, episode tersebut ditayangkan Minggunya di kanal televisi KBS World. Episode 4-nya? Sepertinya harus tunggu minggu depan! 


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah