Rentrée Scolaire 2024

Senin 2 September 2024, tahun ajaran baru di Prancis dimulai. La rentrée! Anak-anak kembali ke sekolah setelah libur musim panas hampir 2 bulan. Dan kemarin itu menandai dimulainya tahun terakhir saya memiliki anak sekolahan!

Tak terasa, si Butet sudah memasuki Terminale di lycée. Kelas 12. Kelas 3 SMA. Tahun terakhir di bangku sekolah. Tahun depan, statusnya sudah berubah jadi anak kuliahan. Jadi mahasiswa. Insya Allah. Aamiin.

Tetap saja, si Bungsu yang memang terlihat lebih muda dari usianya itu masih akan selalu jadi gadis kecil di mata saya. Meski hari ini dia sudah menduduki kelas yang paling senior di sekolahnya, kalau tidak menghitung kelas prépa (persiapan Grande Ecole) dan BTS (setingkat Diploma di Indonesia) yang juga terdapat di yayasan sekolahnya.

Hari pertama masuk sekolah, standarnya hanya pembagian kelas dan perkenalan dengan wali kelas saja. Namun ternyata, wali kelas yang juga guru spesialisasi Physic-Chimie memberikan pelajaran. Di tahun Terminale ini siswa dibagi sesuai dengan spesialisasi utamanya. Tidak dicampur berbagai spesialisasi dalam satu kelas seperti sebelumnya di Premiere.

Kelas Terminale di sekolah Butet mendapatkan jadwal rentrée dari pukul 10.30 hingga 12.30. Butet berangkat cepat. Dia ingin berbincang dulu dengan sahabat-sahabat dekatnya, mencari kelas bersama-sama, sebelum masuk ke kelas.

Butet tak mau diantar. Mau berangkat sendiri. Pulangnya juga sendiri saja. Dia dan teman-temannya makan siang di luar bersama. Memanfaatkan sedikit waktu sebelum memulai hari-hari sibuk sebagai anak kelas 3.

Terminale merupakan tahun yang padat. Antara persiapan ujian akhir baccalaureat, tak lupa pendaftaran perguruan tinggi, baik yang terpusat melalui Parcoursup maupun yang mandiri terpisah di perguruan masing-masing.

Butet mempertahankan Mathematiques dan Physique-Chimie untuk spesialisasinya serta opsi Anglais Européenne. Dia menambahkan opsi Mathematiques Experte. Jadwal pelajarannya pun penuh. Praktis 8.00-17.30 setiap hari. Kecuali hari Selasa yang selesai 16.30 tiap dua minggu sekali. Dan hari Rabu, tentunya, yang masih tetap setengah hari ... selama tidak ada evaluasi yang sering diadakan Rabu siang!

Karenanya Butet berpikir panjang. Dia yang bersemangat ingin mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya di jam makan siang. Kebetulan ada program baru yang dikoordinir oleh guru Art Plastique-nya semasa collége dulu. Program melukis, miniatur, dan pembuatan terarium yang mendukung cita-citanya ke arah animasi dan arsitektur.

Memang hanya seminggu sekali. Tapi tetap saja menambah beban kerja dan mengurangi waktu istirahatnya kan!? 

Apalagi Butet juga mengikuti program persiapan sekolah animasi yang diadakan oleh Gobelins Paris, yang diikuti secara daring di sore hari. Pertemuan diadakan Selasa dan Kamis mulai 17 September nanti. Namun selain pertemuan, harus meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugasnya juga, kan!?

Kemarin Butet ke sekolah santai membawa tote bag. Selasa ini baru membawa ransel barunya. Belum lengkap. Seperti biasa, sejak masuk lycée, tak ada lagi liste fournitures scolaire standar dari sekolah. Tiap guru akan memberikan daftar perlengkapan yang diperlukan. Selama 1-2 minggu para siswa--atau lebih tepatnya orang tua--melengkapi secara bertahap.

Seperti adiknya, si Ucok juga memulai perkuliahannya Senin kemarin. Dia memasuki tahun kedua pendidikan Master. Tahun terakhir, insya Allah. 

Saya sendiri, seperti ibu-ibu anak sekolahan yang lain, mulai beres-beres rumah! Setelah hampir dua bulan berusaha tutup mata (dan mulut!) atas keberantakan rumah, saatnya mulai merapikan. Tentu tak bisa selesai dalam sehari. Apalagi cuaca masih panas sekali.

Suhu udara di Cannes per 2 September 2024

Gelombang panas kembali datang beberapa hari kemarin. Sempat ada rekor suhu udara segala! Memecahkan rekor musim panas 2003 yang tak terlupakan. Saat itu si Ucok dirumahsakitkan setelah muntah-muntah masuk angin. Dokter yang menangani mengkhawatirkan badannya yang kurus kering dehidrasi. 

Ah, nostalgia. Alhamdulillah semua baik-baik saja kok. Anaknya tumbuh sehat juga. Kami--Ucok dan saya--menginap di rumah sakit 2 malam karena kebetulan akhir pekan dan hari Minggu administrasi tutup!

Baiklah. Mari kita mulai tahun ajaran baru dengan semangat baru. Apalagi didukung suhu udara yang sudah mulai kembali normal.

Pulangnya naik bus karena ternyata masih panasssh

Perlahan melengkapi keperluan sekolah Butet—sambil sekalian mulai jalan kaki lagi setelah sekian lama berhenti dengan alasan panas—, mendaftar berbagai kegiatan ekstra termasuk kursus bahasa saya dan suami, mengganti abonemen telepon Butet agar bisa mengakses internet (ya, sampai saat ini dia hanya memiliki jatah 50Mo internet per bulan di teleponnya), tak lupa menyelesaikan beres-beres rumah, tentunya!

Bismillah. Semoga semua selalu sehat, dimudahkan, lancar dan sukses semua. Aamiin.

Tujuh tahun yang lalu Butet memasuki college, bersamaan dengan tahun terakhir abangnya di lycée. Dan tahun ini, giliran Butet tahun terakhir lycée, ada anak sahabat saya, yang sudah seperti adik Butet sendiri, yang masuk college. Ah, nostalgia lagi ....


Comments

Popular posts from this blog

Investasi untuk Anak

Blogger Curcoler? Yes!

Menyusun Tagihan