Pengumuman 1 Ramadan 1444H di Prancis

AlhamduliLlaah, kemarin telah ditetapkan bahwa 1 Ramadan 1444 H di Prancis bertepatan dengan 23 Maret 2023. Keputusan ini disepakati oleh lima organisasi muslim yang ada di Prancis; Fédération Française des Associations Islamiques d’Afrique, des Comores et des Antilles (FFAIACA), Fédération de la Grande Mosquée de Paris (FGMP), Foi & Pratique, Musulmans de France (MF), dan Rassemblement des Musulmans de France (RMF).

Forum yang diselenggarakan di Masjid Agung Paris itu juga sekaligus menetapkan bahwa zakat fitrah tahun ini sebesar 7 euros.

Saya sedang kursus saat pengumuman diadakan. Sudah sempat minta maaf ke teman-teman bahwa saya tidak akan bisa update kabar sebelum pukul delapan malam. Saya tunjukkan ke mereka untuk mengikuti berita di twitter Mosquée de Paris. Atau malah mengikuti siaran langsung sidang rukyatnya melalui Facebook.

Saya tak langsung ingat untuk cek berita saat kursus usai. Maklum, kembali kursus pertama sejak lebih dari satu bulan libur! Pasalnya, setelah libur mengikuti vacances scolaire Februari lalu, sensei bolos mengajar selama 3 minggu! Karena alasan kesehatan. Makanya masih euforia bisa kursus lagi. Panik-panik senang, setelah sebulan lebih tak serius belajar bahasa Jepang.

Saya baru mengecek berita saat mulai jalan pulang. Antara sudah yakin dan lagipula tak ada harapan kalau puasanya mulai Rabu juga. Tak siap sama sekali kalau harus sahur. Kemarin malam, kami sudah sepakat untuk memesan antar makan malam saja.

Refleks pertama adalah cek twitter. Sudah menyarankan, mosok tidak menjalankan, kan!? Dan sudah ada beritanya. Lekas saya unduh gambar pengumumannya. Bersiap membagi ke siapa saja yang memerlukannya.

Buka whatsapp, saya lihat sudah ada yang membagi info Ramadan di grup pengajian. Lekas saya buka pesan untuk seorang sahabat yang tinggal di Antibes, yang tak bergabung dengan wag pengajian. Saya kirim gambar bersama pesan singkat saja. Sambil memanfaatkan berhenti menunggu lampu hijau penyeberangan pejalan kaki.

Sampai rumah, baru saya berbalas pesan sambil menunggu makanan yang ternyata terlambat datang. Tak lupa membagi informasi di Facebook, status whatsapp, dan story Instagram.

Ya. Tidak segampang itu membagi di blog. Butuh waktu luang untuk menulis. Tak bisa hanya pasang gambar dan mencantumkan caption singkat saja kan!?

Heu... 

Atau tak mau rugi saja? Mau sekalian mencoba mencapai paling tidak 300 kata biar sekalian bisa jadi setoran harian KLIP?

Hehehehe...

Yang jelas, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi para muslim semua. Mohon maaf lahir batin untuk semua pembaca tanpa terkecuali. Semoga semua selalu sehat, makin khusyu dalam beribadah, tak hanya sekedar puasa menahan lapar saja, sehingga Ramadan kali ini lebih baik dari Ramadan-ramadan sebelumnya. Aamiin...

Pas azan Magrib berkumandang di sini. Resmi masuk bulan Ramadan. Dan tulisan ini sudah mencapai 400 kata lebih lho! Hihihi...


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah