Memanfaatkan Fitur Multiple Accounts di Whatsapp

Seperti biasa, Top 99 penyetor Kelas Literasi Ibu Profesional berhak masuk ke dalam grup chat khusus. Di grup ini kita bisa menerima informasi terkini tanpa harus berselancar di media sosial. Di situ juga peserta bisa lebih akrab berinteraksi. 

Setelah dua tahun menggunakan platform Telegram, Tim Ketua Kelas tahun ini memilih kembali menggunakan Whatsapp. Ini diputuskan berdasar hasil angket saat pendaftaran peserta 2024.

Melihat kurang aktifnya peserta di grup Telegram dan banyaknya yang beralasan jarang buka Telegram di tahun sebelumnya lah yang membuat Tim Ketulas mengadakan angket itu. Dan ternyata memang hasilnya lebih banyak yang memilih Whatsapp ketimbang Telegram. Apakah benar grup Top 99 akan lebih aktif di Whatsapp? Kita lihat saja.

Ngeri (optimis?) akan kebanjiran pesan, dari awal saya memutuskan untuk mengikuti grup ini dengan akun Whatsapp yang terpisah. Pede banget masuk Top 99? Jelaaasss! Bulan pertama ini, kan!? Berikutnya sih sudah berniat santai. Sampai saat menulis ini, saya baru menyetorkan 3 tulisan! Hahaha.

Kepindahan platform grup ini juga sebenarnya menjadi alasan untuk mencoba fitur baru Whatsapp yang memungkinkan memiliki 2 akun di satu gadget yang diluncurkan sejak Oktober 2023 lalu. Tak lupa saya catat tahapnya untuk nambah-nambahin setoran. Eh, biar siapa tau ada yang perlu. Hehehe.

Langkah-langkah Menambah Akun

Saat menambah akun dan screenshot, saya tak menyadari bahwa Whatsapp saya berbahasa Prancis. Tapi semoga gambar dan penjelasan yang saya sampaikan cukup bisa memandu.

1. Buka Parameter Whatsapp

Menu ini akan terlihat dengan klik titik tiga yang terdapat di kanan atas layar aplikasi.

2. Klik panah ke bawah yang terletak di sebelah foto dan nama kita. Kalau panah ini tidak muncul, berarti Whatsapp Anda perlu di-update terlebih dahulu.

Klik opsi tambah akun yang kemudian muncul di bagian bawah layar aplikasi. 

3. Pastikan kode negara nomor telepon yang akan kita tambahkan sudah sesuai.

Kode negara yang muncul di layar berikutnya adalah yang sesuai dengan kode negara dari nomor telepon yang kita gunakan di aplikasi Whatsapp yang sudah ada di gadget. Dalam kasus saya, saya sudah menggunakan Whatsapp dengan nomor telepon Prancis.

Ganti kode negara, jika diperlukan, dengan klik panah ke bawah di samping nama negara.


Pilih negara sesuai dengan nomor telepon yang ingin kita tambahkan. Di sini saya menambahkan nomor Indonesia.

4. Masukkan nomor telepon.

Whatsapp akan meminta kita untuk memastikan nomor yang dimasukkan sudah benar.

5. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang kita masukkan tadi. Pastikan nomor yang kita masukkan tadi aktif, bisa menerima SMS.

Jika SMS masuk ke gadget yang sama, verifikasi akan dilakukan secara otomatis. Jika tidak, masukkan secara manual kode yang diterima.

6. Pasang kode verifikasi ... atau tidak.

Akun ditambahkan ke dalam aplikasi di gadget dalam beberapa detik.

7. Akun baru siap digunakan!



Menggunakan Dua Akun

Fitur untuk berganti akun akan muncul di bagian menu dengan klik titik tiga di kanan atas layar aplikasi.

Satu kekurangan dari akun ganda ini adalah di sisi notifikasi. Meski sinyal suara di dalam parameter Whatsapp-nya sudah dinonaktifkan, pesan yang datang di akun yang tidak aktif akan membunyikan notifikasi sistem. Ini jelas tidak saya inginkan.

Sampai saat ini saya belum menemukan bagaimana caranya mengatur agar tetap menerima notifikasi tanpa suara dari akun yang sedang tidak aktif. Untuk sementara, saya matikan notifikasi untuk perbincangannya. Masalahnya, saya jadi tidak menerima notifikasi sama sekali!

Tak masalah, untuk saya. Karena akun yang kedua sementara ini memang hanya untuk satu grup saja. Cukup saya tengok saja sesekali, kan!?

Jelas, ini bukan solusi ideal. Insya Allah akan saya update jika menemukan solusi lain.

Manfaat Akun Ganda

Saya hanya memiliki dua nomor telepon seluler: satu nomor Prancis, satu lagi nomor Indonesia. Keduanya berada di smartphone yang sama, yang bisa menerima 2 SIM card. 

Sebenarnya saya tidak perlu-perlu amat memiliki 2 akun Whatsapp. Sudah ada beberapa wag yang saya silent di akun yang saya miliki. Apalah artinya tambah satu lagi. Tapi ya sekalian penasaran pengen nyoba kan!? Hihihi.

Fitur akun ganda ini mengingatkan saya akan adik di Solo yang memiliki beberapa smartphone. Tidak cukup dua untuk membedakan telepon pribadi dan telepon kerja. Karena untuk urusan kerja, dia juga memiliki nomor telepon untuk SETIAP operator yang ada di Indonesia! Untuk melayani preferensi klien, katanya.

Setahu saya, dia bisa membatasi hanya memiliki 2 akun Whatsapp: satu untuk urusan pribadi dan satu lagi untuk urusan kerja. Tanpa fitur multiple account, tentu saja minimal dia harus membawa 2 ponsel ke mana-mana!

Dengan memanfaatkan fitur ini, kita bisa memiliki dua nomor Whatsapp dalam satu gadget. Ya, hanya dua. Tapi sudah lumayan kan, ketimbang sebelumnya yang hanya satu per gadget? Paling tidak, orang-orang seperti adik saya bisa mengurangi beban bawaan smartphone jadi hanya setengahnya!

Dan saya yakin dia tak sendiri!


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah