Mulai Libur Sekolah Musim Dingin 2024

Hari ini mulai libur sekolah musim dingin (vacances d'hiver) untuk zone B di Prancis yang juga melingkupi daerah kami. Tahun ajaran ini, zone B mendapatkan giliran libur terakhir, setelah zone C dan zone A. Ada perpotongan satu minggu dengan zone A.

Seminggu kemarin, terlihat peningkatan cukup drastis turis di kota. Turis keluarga yang membawa anak. memang seminggu ini ada perpotongan libur antara zone A dan zone C. dan harus diingat bahwa di musim dingin, daerah kami merupakan tujuan wisata yang menarik.

Tak hanya suhunya yang lebih bersahabat. Lokasinya yang dekat dengan pegunungan alpen, memungkinkan mereka yang ingin menikmati salju. Ke pantai dekat, ke salju juga tak jauh.

Belum lagi masa pra paskah begini ada banyak acara di daerah kami. Dari Carnaval de Nice, La FĂȘte du Mimosa di Mandelieu, FĂȘte du Citron di Menton, juga festival-festival kecil lain di berbagai kota yang tersebar di Alpes Maritimes.

Kami sendiri?

Kami tak berencana ke mana-mana selama dua minggu ke depan. Tak ke luar kota lah. Kecuali kalau ke Nice dan Menton yang masih sekabupaten bisa dianggap luar kota. Itupun belum yakin mengingat frekuensi pemogokan SNCF (jawatan kereta api Prancis) yang makin intens di masa liburan begini!

Sebenarnya Yonex French Open tahun ini--yang penyelenggaraannya dimajukan ke awal Maret dan bukannya akhir Oktober--masih di masa libur sekolah. Kami masih mempertimbangkannya. Belum mencari tiket transport maupun akomodasi sama sekali. 

Bukan hanya karena harga-harga di Paris yang suka mulai melambung tinggi menyambut Olimpiade Juli nanti, namun juga bahwa Butet sudah mulai masuk sekolah lagi Seninnya. Belum lagi bahwa itu bertepatan dengan 1 Ramadhan, kan!?

Yah, kita lihat saja nanti. Yang jelas, kami tak akan dirumah saja lah!

Butet sudah berencana keluar dengan teman-temannya hari Senin ini. Mungkin akan ada rencana kencanan lain yang menyusul. Saya akan mengajaknya jalan-jalan ke kota. Ke toko buku langganan, misalnya. Euh, tapi bacaan kami masih banyak, deng! Hehehe.

Mungkin kami akan ke toko spesialis manga yang belum lama ini dibuka, yang berlokasi tak jauh dari rumah kami.

Kenapa tidak ke museum?

Atau ke bioskop? (musti cek ada film baru apa dua minggu ke depan)

Di rumah ada Netflix, Prime, Youtube, Crunchyrolls, ...

Dan hari ini, saya mengambil VikiPass!

Setelah menahan diri dan pasrah dengan serial-serial gratisan, akhirnyaaa. Gara-gara Berkat Butet yang ikut-ikut ngefans sama Cha Eun Woo setelah menonton True Beauty dan pengen nonton A Good Day to be a Dog. Mamaknya yang sempat berharap dramanya rilis di Netflix atau Prime sampai-sampai lekas baca webtunnya dan kemudian kecewa karena ternyata rilis di Viki-pun bisa turut memenuhi kepenasarannya! Hahaha!

Sayang sekali kami melewatkan masa promo 30%yang berakhir pas dua hari yang lalu. Tapi tak apa. Memang sudah niat juga pengen nyoba.

Saat ini kami masih dalam masa free-trial 7 hari. DIperkirakan kami bakal langganan satu bulan saja. Atau dua biar ada kesibukan saat puasa (bukannya ngaji ya!? gubraks dah!)? Atau tiga, karena akhir April sudah libur sekolah lagi? Eh? Hehehe.

Yang jelas Mei harus berhenti. Butet sudah akan mulai memasuki akhir tahun ajaran. Akan banyak ujian, yang kemudian ditutup dengan baccalaureat francais. Ujian nasional bahasa Prancis untuk kelulusan SMA yang memang diselenggarakan saat kelas 2. Dan mamaknya pun harus menghilangkan godaan agar tak kebanyakan nonton drama!

Ada buku yang menunggu untuk dibaca. Butet bisa lebih banyak berlatih menggambar juga.

Kenapa tidak menata kamarnya yang amat sangat berantakan itu?

Banyak yang bisa dilakukan selama libur sekolah. Berbahagialah yang bisa keluar kota, berganti suasana. Tapi yang di rumah pun, tak boleh mati gaya kan ya!?

Bonne vacances!



Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Hidangan Kambing Khas Solo

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi