Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill: Anime Resep Masakan

Siang ini hujan nyaris seharian. Alhamdulillah, suhu udara jadi lebih bersahabat. Sepagian mendung, saya habiskan antara drakor, anime, dan membaca. Beres-beres rumah dan masak sih sudah semestinya lah ya!

Tapi kali ini, saya mau cerita tentang Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill, anime yang saya habiskan Jumat lalu. Saat kami masih harus menutup gorden agar udara panas tak masuk ke rumah. Saat saya agak kecapean sesudah keluar sampai hampir tengah malam untuk menonton kembang api.


Keahlian: Belanja Daring!

Bercerita tentang Mukōda Tsuyoshi, seorang karyawan biasa-biasa saja di Jepang moderen yang tetiba diteleportasi ke kerajaan Reijseger, di dunia lain. Bersama tiga remaja lainnya, Mukōda yang sudah dewasa dipanggil menjadi Wira untuk membasmi kekuatan jahat yang mengancam kerajaan.

Pada saat teleportasi, masing-masing Wira diberi keahlian. Mukōda yang memiliki keahlian absurd yaitu "belanja daring", merasa tugas membasmi monster bukanlah porsinya. Dia meminta kepada raja untuk dibebaskan dari kewajiban menjadi Wira. Namun Mukōda tak bisa kembali ke dunianya, karena hanya kekuatan jahat tadi yang memiliki kemampuan itu. Dengan bekal 20 keping emas dari raja, Mukōda berusaha beradaptasi di dunia barunya. 

Didapatinya bahwa ternyata keahlian belanja daring itu sangat istimewa. Dia bisa belanja produk dari toko di dunia Jepang modern yang diterimanya secara instan! Mukōda pun mencari cara untuk keluar dari kerajaan sebelum kemampuannya itu diketahui oleh raja yang dicurigainya memiliki maksud tersembunyi.

Dalam perjalanannya, Mukōda berkenalan dan disukai banyak orang karena masakannya yang asing dan enak. Mukōda bahkan menjadi mitra monster legendaris Fenrir, yang diberinya nama Fel, yang sangat menyukai masakannya. Fel bersedia memburu monster sendiri guma memenuhi nafsu makannya yang besar, yang membuat Mukōda pada akhirnya menjadi petualang pembasmi monster.

Mukōda juga bermitra dengan Sui, monster slime yang awalnya terlihat lucu menggemaskan dan ternyata kemudian memiliki kekuatan yang sangat besar. Selain itu, Mukoda diberkahi dewi-dewi pelindung, meski jadi harus memberi persembahan berupa produk makanan dari Jepang moderen secara berkala.

Tema Memasak

Awal anime bergenre isekai ini berjalan sangat cepat. Saya sampai ragu, apakah saya melewatkan proses teleportasi Mukōda ke Reijseger? Kapan didistribusikannya keahlian bagi para Wira?

Saya memilih menonton anime ini karena tema memasaknya. Setiap episode, ada minimal satu resep masakan. Cukup lengkap dan detil. Dan cukup bikin ngiler! Meski jelas, saya membayangkannya dalam format standar saja, bukan memasak monster yang mengerikan begitu!

Awalnya, saya tak terlalu memperhatikan produk yang tersedia di supermarket daring. Memang bertanya-tanya melihat bentuk beberapa logo--bertuliskan aksara Jepang--yang rasanya familiar. Sampai suatu saat, Mukōda meminum kola dengan logo berwarna biru, putih, dan merah, bertuliskan aksara Latin merek berawalan P. Produk yang lain, apakah benar-benar ada juga? Jadi sedikit memicu semangat mempelajari Hiragana dan Katakana nih! 

Sempat mual dan mau mandeg menonton saat Mukōda memasak monster ular. Lebih parah lagi di episode memasak monster babi. Bukan karena saya tidak makan daging babi, tapi lebih karena bentuk monsternya yang mirip manusia. Monster babi berjalan dengan dua kaki, menggunakan kedua tangan, dan berpakaian! Rasanya kok seperti kanibalisme ya? 

Yang jelas saya lega saat dikatakan bahwa goblin tidak bisa dikonsumsi. Kalau Mukōda memasak itu, yakin, saya akan tutup dan lupakan animenya. Dan menyesal sudah menghabiskan kuota data untuk mengunduhnya!

Belum Tamat

Anime ini merupakan adaptasi dari serial light novel berjudul とんでもスキルで異世界放浪メシ (Tondemo Sukiru de Isekai Hōrō Meshi) karya Ren Eguchi yang sebelumnya sudah sempat diadaptasi ke dalam manga juga. Light novel-nya masih berjalan dan belum tamat. Demikian pula tentunya animenya. Entah kapan, dan apakah akan dilanjutkan. Tapi 12 episode sudah cukup menarik untuk ditonton, tidak mengandung cliffhanger

Sampul light novel volume 1
(Sumber: Wikipedia)

Anime fantastis ini adalah hasil unduhan terakhir dari Netflix Indonesia, setelah sebelumnya Butet dan saya menghabiskan Horimiya. Di Prancis, Campfire Cooking bisa ditonton secara gratis di Crunchyroll, asal sabar menghadapi selingan iklannya yang banyak itu.

Sudah bisa mengaktifkan wifi lagi? Belum! Butet masih mau menonton ulang film Ladybug & Cat Noir, yang belum ada di Netflix France. Dengan didampingi playlist Spotify biar bisa sing a long, katanya!


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah