KLIP dan MGN : Dua Komunitas Menulis yang Nyaman

Tema Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog Oktober 2021 ini adalah Komunitas yang Aku Cintai...

Kebetulan tahun 2021 ini boleh dibilang saya memasuki dua komunitas baru: KLIP dan MGN sendiri. Dua-duanya tentang menulis. Dan dua-duanya, hasil ajakan Kak Risna!...

Kelas Literasi Ibu Profesional


Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) merupakan salah satu bagian dari Komunitas Ibu Profesional. KLIP mengajak para ibu dan calon ibu yang suka menulis untuk melatih konsistensinya. Mulai bulan Januari, peserta diminta menyetorkan tulisannya selama 1 tahun. Syarat minimal 10 tulisan per bulan untuk tetap bisa melanjutkan setoran, ampuh memotivasi saya untuk menulis lebih rutin...

Mencatat apa yang kita tulis mendorong kita untuk menulis lebih banyak. Apalagi ada bagde kompensasi. Dan buat saya, adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk bisa melanjutkan ke sesi selanjutnya saat ada banyak yang gagal... 😈😆✌

Saya betah di KLIP karena motivasi menulis itu. Di kelilingi teman-teman yang saling mendukung, saling mendorong. Saling berbagi ilmu dan pengalaman...

Sejak September kemarin, saya diberi tanggung jawab untuk menyusun dan mengelola podcast KLIP. Podcast dari zoom Klub Buku KLIP. KBK yang merupakan salah satu kegiatan KLIP dari berbagai kegiatan literasi lain yang ada...

Tanggung jawab podcast ini sebelumnya diemban Kak Risna. Karena beliau diberi tanggung jawab lain, dialihkannyalah ke saya. Tapi bukan nepotisme, kata Kak Risna meyakinkan saya. Yang saya terjemahkan bahwa saya dipercaya bisa melakukannya. Begitu... 😎 Cieeee... Uhuk-uhuk... 😜

Pengin lihat hasil kerja saya? Cek langsung Klub Baca KLIP di Spotify ya!... 😉

Mamah Gajah Ngeblog


Mamah Gajah Ngeblog (MGN) merupakan sub grup dari komunitas ITB Motherhood (ITBMH), grup alumni ITB yang dikhususkan bagi perempuan. MGN ini mengumpulkan para alumni perempuan yang suka menulis blog. Baru dibentuk awal tahun ini oleh Teh Andina, saya termasuk salah satu anggota pertamanya...

Kurang pede saat bergabung dengan komunitas ini. Pasalnya, rata-rata anggotanya adalah blogger yang sudah berpengalaman. Ada yang sudah menjadikan blogger sebagai salah satu sumber penghasilannya. Ada yang sudah rutin menulis artikel berbobot dengan rutin. Ada yang sering mengikuti dan memenangi berbagai kompetisi blog. Dan bahkan ada Teh Shanty yang merupakan salah satu pendiri KLIP sendiri!...

Saya yang hanyalah blogger curcoler cukup minder. Tapi di lain pihak senang juga. Karena saya bisa mendapatkan banyak sekali ilmu. Baik secara teknis blogging, maupun dari pengalaman-pengalaman anggota lain. Dan tidak hanya pengalaman blogging saja nih ya. Di MGN kami berbagi apa saja...

Jika di ITBMH saya lebih sebagai penonton, di MGN saya lebih banyak terlibat. Mungkin karena memang komunitas lebih kecil, dibanding ITBMH yang mencakup semua jurusan dari berbagai angkatan. Dan diskusi MGN dilakukan di wag, yang relatif lebih santai dan mudah aksesnya ketimbang fbg ITBMH...

Komunitas yang Nyaman

Sebenarnya bukan pertama kalinya tahun ini saya diajak masuk ke komunitas menulis. Namun belum ada yang dirasa cocok untuk benar-benar bergabung apalagi terlibat di dalamnya...

Saya rasa, ada faktor siapa yang mengajak juga. Bukan soal segan menolak kalau diajak oleh yang kita hormati. Euh... yang kita kenal deh. Kok kesannya gimana gitu ya, hormati!?... Hihihihi... 😅

Tapi buat saya, tingkat kepercayaan pada si pengajak sangat berpengaruh. Percaya bahwa pilihannya pada komunitas itu memang tepat. Dan percaya bahwa dia hanya mengajak kita bergabung ke komunitas yang memang sesuai dengan kita sendiri...

Buat saya, komunitas yang bagus adalah tempat di mana kita merasa nyaman. Apakah saya nyaman di KLIP dan MGN? Jelas!... Di KLIP ada tanggung jawab podcast. Di MGN? Konsistensi saya mengikuti tantangan bulanannya tanpa putus dari awal meskipun belum pernah sekalipun masuk 10 besar apalagi menang, cukup sebagai bukti kan!?... 😎 

Eh tapi ssst ... dewan juri jangan jadi memasukkan saya ke 10 besar karena kasihan ya!... 😅

Untuk maju, mungkin kita bisa sendiri. Tapi saat ditemani orang-orang lain yang sama tujuannya di komunitas, perjalanan kemajuan terasa lebih ringan dan menyenangkan... 🤗

Jangan ragu kontak saya untuk informasi lebih lanjut tentang KLIP dan MGN!... 😉



Comments

  1. Masya Allah. Semoga makin betah di MGN ya teh :)

    ReplyDelete
  2. virus Risna ada dimana-mana ternyata hehe, tetap semangat ya Teh. Semoga makin menular ke yang lain juga (termasuk saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... aduh aku jadi malu dan terharu disebut2 mulu sama jeng Alfi ini. Tapi memang kan namanya lagi bahagia, pasti kita berbagi kebahagiaan. Makanya nih, kita ajakin teman-teman sahabat yang dulu suka menulis dan mulai banyak alasan untuk ga nulis blog, aktifin lagi blog yang berdebu dengan cara gabung di KLIP dan atau Mamah Gajah Ngeblog. Join salah satu atau 2 2 nya, dijamin blog bersih dari debu kalau kita udah dapat semangatnya, hehehe...

      Gak salah nih ngajak Alfi join, kayaknya tahun depan bakal menularkan semangatnya ke lebih banyak orang lagi nih

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berbagai Hidangan Kambing Khas Solo

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi