Pasca Lockdown, Hari Ke Tiga Puluh Tujuh

Pagi tadi, akhirnya Butet dan saya mengembalikan buku dan DVD yang kami pinjam dari perpustakaan daerah sejak lebih dari 3 bulan yang lalu! πŸ˜…


Waktu itu saya meminjam DVD film adaptasi buku L'ecume des jours yang merupakan buku bahasan untuk Club lecture bulan Maret. Butet sekalian meminjam buku juga. Rencananya, kami akan saya mengembalikan pinjaman di hari pertemuan klub, tanggal 21. Namun ternyata Prancis memasuki masa lockdown sejak tanggal 17-nya...


Perpustakaan daerah baru mulai buka sejak seminggu yang lalu. Saya sempat berniat mengembalikan buku hari Jum'at kemarin. Butet sudah menyelesaikan ketiga bukunya sejak lama. Tapi saya baru menonton filmnya saat diumumkan bahwa perpustakaan akan kembali buka 😁 Karena agak pilek, akhirnya saya tunda lagi. Saya tak mau membuat khawatir petugas perpustakaan dengan kondisi saya. Juga orang-orang yang mungkin saya temui di sepanjang perjalanan… πŸ˜…


Jadilah pagi tadi, memanfaatkan jam kosong sekolah Butet dari pukul 10 pagi, kami keluar ke perpustakaan. Buku-buku dan DVD saya masukkan ke kantong plastik transparan, dilengkapi dengan post-it bertuliskan nama, nomor anggota, dan jumlah item pinjaman, sesuai yang disarankan di website perpustakaan...


Dalam situasi saat ini, pengunjung tidak diijinkan melihat-lihat sendiri koleksi di rak-rak buku. Jika ingin meminjam, disarankan untuk memesan dulu melalui website atau telepon agar bisa disiapkan dan pasti tersedia saat kita hendak mengambilnya…


Di dekat pintu masuk, disediakan gel hydroalcoolique. Ada di dua sisi. Meskipun Butet dan saya tidak berhasil menggunakannya. Kami pikir kosong. Petugas perpustakaan belakangan mengatakan kalau mungkin kami kurang kuat dalam menekan tombolnya. Ya sudahlah. Kami sudah mendesinfeksi tangan dengan gel yang selalu siap sedia di dalam tas…


Saat kami datang, perpustakaan kosong. Hanya ada dua petugas terlihat di balik counter yang dibatasi dengan tali agar pengunjung tak mendekat. Lekas salah satunya datang menerima pinjaman kami dan menuliskan tanggal hari ini. Dipesankannya untuk tidak khawatir jika website tidak segera update. Katanya bisa sampai 10 harian untuk update! πŸ˜…


Dua orang datang saat petugas sedang menangani pinjaman kami. Sigap petugas yang tinggal di balik counter mengingatkan untuk menjaga jarak. Memang di lantai perpustakaan sudah ditandai batas-batas antrian…


Kali ini kami tidak meminjam lagi. Masih ada buku yang kami beli dan belum kami selesaikan. Butet baru saja menerima 13 buku koleksi lengkap Series of Unfortunate Events hadiah lebarannya. Saya lambat maju membaca Vie de GΓ©rard Fulmard karena lebih sering tergoda menonton drama πŸ˜…


Seusai dari perpustakaan, kami mampir ke bank untuk menguangkan cek pengembalian cicilan pertama study tour Butet ke Jerman yang dibatalkan. Jadi melankolis juga, rasanya. Seakan dengan diuangkannya cek, berarti baru resmi batal rencana perjalanannya… 😏


Semoga semua tetap bersabar, selalu lancar, aman, terkendali, dan kehidupan segera kembali nyaman tanpa kekhawatiran… πŸ™


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah