Rapor KLIP Juli 2021


Yes! Outstanding!...

Bangun pagi cek facebook, ternyata rapor KLIP bulan Juli sudah keluar! Alhamdulillah dinyatakan resmi berhasil meraih badge outstanding. Badge emas KLIP yang membanggakan itu!...

Badge bulan ini cukup spesial. Bukan cuma karena saya berhasil menulis full 31 hari tanpa putus. Namun juga karena saya setor dengan menggunakan pewaktuan WIB!...

Selama ini kan seringnya mengakali waktu setor karena jarak waktu yang 5 jam (atau 6 di musim dingin) dengan WIB; menyetor malam, yang diperhitungkan keesokan harinya WIB. Juli ini saya niatkan berusaha menyetor di hari yang sama dengan WIB. Dan berhasil!

Kalau sebelumnya taktiknya adalah dengan menulis pagi lalu finalisasi, posting, dan setor malam. Untuk bulan Juli, agak berubah; nulis tetap pagi, tapi diselesaikan siang. Kebetulan sudah masuk libur sekolah. Kegiatan antar-jemput tidak ada. Siang lebih bebas...

Kadang kala sesudah posting dan setor langsung muncul ide baru. Tak buang-buang waktu, langsung saya tuliskan. Kadang dalam bentuk ide-ide saja. Semacam kerangka, meski tak jadi heading eksplisit, nantinya. Hanya sebagai pedoman pengembangan tulisannya kemudian di malam, atau keesokan harinya...

Dari pengalaman selama bulan Juli, saya mendapati paling sering finalisasi jam 3 sore CEST. Atau jam 8 WIB. Tapi itu tidak penting, karena ini kan mau menganalisa perilaku saya!... Eh tapi penting juga. Karena ini artinya saya masih punya tenggang 4 jam sebelum deadline harian!...

Yang jelas puas, bisa menulis sebulan penuh. Apalagi bulan Juli kemarin saya banyak menulis dengan cukup terstruktur. Beberapa dengan mencantumkan heading, meski belum sempurna. Dan belum menerapkannya di semua tulisan. Bahkan sebagian masih bergaya bebas ala curcol. Seperti tulisan ini...

Berterima kasih sekali pada workshop KLIP tentang kerangka waktu itu. Benar-benar terasa nyata manfaat bergabung dengan KLIP...

Juli kemarin, kuota minimal kata dalam setoran sudah dinaikkan menjadi 400 kata. Agustus ini, kuota naik lagi menjadi 450 kata!...

Kalau saya hanya menargetkan asal mendapat badge saja, bukan karena naiknya kuota itu. Cieee... Pede banget?... Harus, lah!...

Kalau saya tak mau memasang target tinggi, itu karena rencana jalan-jalan kami ke Swedia minggu depan selama seminggu. Tak ada waktu menulis? Harus diadakan dong ya!... Tapi saya mengkhawatirkan tentang koneksi...

Wifi memang ada di mana-mana. Tapi saya tak mau frustrasi kalau suatu hari tak menemukannya. Terutama jika tak menemukannya di saat sudah mepet waktu saya harus setor... 

Tapi ya, kita lihat saja. Siapa tau dengan jalan-jalan malah banyak ide. Mana jalan-jalan kali ini berniat santai. Tak ada targetan objek yang mau dikunjungi...

Hari ini, saya mau menikmati keberhasilan saya dulu. Dengan menulis! Mumpung ada waktu. Karena sore nanti akan ada tamu; sahabat dengan anaknya yang akan menjemput si kucing Louna yang telah menginap selama tiga minggu. Hiks...

Menulis selagi sempat, dan sebelum terlambat. Untuk tak menutup kemungkinan siapa tahu ternyata bisa menulis sebulan penuh. Atau yah, badge excellent 20 tulisan laaah. Tapi minimal, target badge good 10 tulisan harus tercapai!...

Dari 564 peserta di bulan Februari, yang bisa melanjutkan bulan Agustus ini tinggal 90 saja. Menjadi salah satu di antaranya sudah merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya...

Yuk ah, semangaaattt!... 🤗


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah