Serial The Makanai

Baru saja saya menyelesaikan serial The Makanai: Cooking for the Maiko House yang ditayangkan Netflix, 12 Januari kemarin. Saya tuntas menontonnya keesokan harinya. Menjelang tengah malam sih. Cuma sembilan episode, masing-masing sekitar 40 menit. Tapi tetap saja, terlalu cepat!...

Perjalanan Dua Remaja

Menceritakan tentang dua sahabat, Nozuki Kiyo dan Herai Sumire, yang setelah lulus SMP tak mau melanjutkan sekolah. Mereka memutuskan untuk merantau ke Kyoto. Mereka ingin menjadi Maiko, untuk kemudian hari menjadi Geiko, istilah untuk Geisha di Kyoto...

Sebelum menjadi Maiko, kedua sahabat harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Dan dalam perjalanannya, Kiyo dinilai tidak cocok untuk menjadi Maiko. Kiyo diminta mencari jalan lain, entah melanjutkan sekolah atau mencari pekerjaan lain, dan melupakan keinginannya menjadi Maiko...

Kiyo yang selalu ceria tak terlihat kecewa. Yang dikhawatirkannya justru adalah kemungkinan untuk harus terpisah dengan Sumire, yang terlihat sangat berbakat dan diharapkan menjadi Geiko spesial yang hanya ada tiap sekian abad...

Kiyo pun mengajukan diri untuk menjadi Makanai, juru masak untuk para Maiko, dan Kiyo menikmati perannya...

Perjalanan Menjadi Maiko dari Pandangan Seorang Makanai

Tentu saja, saya menonton serial ini karena sutradaranya: Hirokazu Koreeda! Ya! Masih dalam rangka Koreeda mania! Dan saya tak kecewa. Meski saya lihat ada banyak ulasan pesimis di beberapa media Prancis...

Mungkin karena saya memang tak banyak mengerti tentang dunia Geisha. Hanya tau dari buku-nya Arthur Golden, dan film yang saya tonton sambil ngomel-ngomel karena dibintangi oleh Zhang Ziyi! Tentu saja saya bukan ngomelin artisnya sendiri, ya! Hahaha...

Saya baru tau keberadaan Maiko dan Geiko dalam serial Netflix ini. Apalagi Makanai. Baru dengar untuk pertama kalinya...

Sayang sekali, meski dipilih sebagai judul, keseharian Kiyo sebagai Makanai tak terlihat menonjol dalam seri ini. Justru sisi perjalanan Sumire untuk menjadi Maiko yang dikedepankan...

Padahal saya tertarik ingin mengetahui lebih dalam bagaimana Kiyo belajar menjadi Makanai yang baik. Bagaimana dia menyusun menu yang sehat. Apakah perlu menu sehat bagi para Maiko, karena dalam seri mereka seakan bisa makan apa saja, kapan saja? Lalu bagaimana Kiyo menyesuaikan menu dengan selera para Maiko...

Memang serial disampaikan dengan narasi Kiyo. Mungkin memang manga Maiko-san Chi no Makanai-san karya Koyama Aiko yang menginspirasinya bercerita tentang perjalanan menjadi Maiko dari sudut pandang Kiyo si Makanai? Apalagi adaptasinya dalam anime pun berjudul Kiyo in Kyoto: From the Maiko House. Jadi penasaran, pengin baca manganya juga nih...

Tema Keluarga

Serial ini berbicara tentang persahabatan dan pencarian jati diri, menentukan minat yang sebenarnya dan bagaimana meraih cita-cita, juga tentang relasi dengan orang tua...

Serial yang bertemakan keluarga, yang tak didasarkan atas ikatan darah saja. Khas master Koreeda!...

Serial manis ini bisa ditonton mulai dari usia remaja, sesuai rating Netflix yang 13+...


Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Hidangan Kambing Khas Solo

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi