Masker Oh Masker

Di salah satu wag yang saya ikuti, seorang teman mengirim informasi mengenai promosi masker medikal sekali pakai di swalayan. Satu kotak masker isi 50 harganya 1,99 euro saja! Biasanya, masker ini harganya sekitar 4,5 hingga 5 euro. Saya lupa tepatnya...



Kebetulan baru seminggu yang lalu saya membeli masker juga di swalayan langganan dekat rumah, yang merupakan jaringan yang sama dengan tempat teman saya mendapatkan promosi tadi. Saat itu harganya 4,5 euro kalau tidak salah. Merknya sama persis dengan yang diinfokan teman tadi. Waktu itu, ada promosi bahwa pembelian satu masker, mendapatkan gratis satu botol spray hydroalcoolique yang jika dibeli terpisah, harganya 2,5 euro...

Mulanya, saya tak langsung menangkap bahwa harga satu kotak masker pada akhirnya sama! Bedanya, teman saya memang hanya membayar harga maskernya saja. Sedangkan saya, dipaksa membeli gel desinfektan juga!... 😅

Nggak nyesel sih... Cuman jadi menunjukkan, bagaimana kalau kita sudah melihat label promo, kita jadi suka lupa nilai sesungguhnya dari barang. Berlaku juga saat ada bonus-bonusan. Jadi tak memandang lagi harga asalnya sendiri.. "Kita"?... 🤔 Baiklah... Saya!... 😝



Masker murah ini bukan karena masa kedaluwarsanya sudah dekat. Eh ya, jangan lupa ya, kalau masker juga ada masa kedaluwarsanya! Untuk masker, biasanya dua tahun... 

Masker sekarang ini memang diproduksi banyak. Diimpor banyak. Melimpah. Dan memang di Prancis sangat dibutuhkan untuk anak-anak sekolah yang tidak boleh lagi mengenakan masker kain rumahan. Harus masker medikal standar kategori 1 yang mampu menahan virus sampai 98%...

Setahun yang lalu, masker merupakan bahan langka. Bahkan tenaga medis masih kesulitan mendapatkannya. Seorang teman perawat di Indonesia sampai menanyakan pada saya. Sepertinya berharap saya bisa mengiriminya. Namun bagaimana mungkin? Karena tidak hanya di Indonesia, di Prancis pun saat itu masker merupakan barang langka...

Satu tahun yang lalu, belum ada anjuran untuk mengenakan masker. Masker bahkan malah tidak dianjurkan. Selain penggunaannya yang justru dinilai berbahaya karena bisa menjadi tempat berkembangnya virus, namun juga karena kelangkaannya. Diharapkan stok masker yang ada bisa digunakan untuk tim medis terlebih dahulu yang memang benar-benar memerlukannya...

Saking langkanya, waktu itu terjadi beberapa kali pencurian pharmacie. Bahkan ada perawat yang dirampok segala! Tak sedikit mobil dokter yang dibobol untuk mencari stok masker yang belum tentu ada di dalamnya itu... 😥

Kelangkaan sampai ke taraf kenegaraan. Sempat terjadi pesanan masker untuk suatu negara yang dibajak ke negara lain saat transit. Anda ingat, kasusnya?...

Sekarang, masker medis bisa didapatkan dengan mudahnya. Dan dengan murahnya... Begitu pun, masih banyak yang tidak mau mengenakannya dengan berbagai alasannya... 😥


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah