Kembali Memrogram?

Hari ini Senin pertama masuk lockdown ke-3. Lockdown hari ke-3. Cuaca cerah, tapi udara agak dingin. Maksimal hanya 15-an derajat. Padahal minggu lalu sudah 25°C. Diberitakan turun salju di ketinggian. Padahal sudah masuk musim semi...

Saat mengantar Butet sekolah, jalanan terlihat normal, seperti biasa. Tak terlihat ada pengurangan lalu-lintas. Dan memang, kenapa tidak? Keluar rumah masih bebas, tak ada batasan waktu, tak perlu attestation. Paling hanya berkurang mereka yang bekerja di toko-toko tidak esensial. Mungkin pada saat jam masuk kerja, baru terasa perubahan suasana jalanan. Karena saat pulang sekolah tadi, Butet cerita bahwa bus penuh!... 😥

Jangankan kami yang cuma rakyat jelata. Jajaran pemerintah pun sepertinya cukup bingung dengan situasi saat ini; apakah tanpa adanya pembatasan ke luar rumah begini bisa disebut lockdown? Apakah membebaskan penduduk beraktifitas di luar tanpa memerlukan surat pernyataan sepanjang masih dalam radius 10 km dari tempat tinggal termasuk lockdown?...

Hari ini memasuki minggu ke-3 MOOC Introduction au traitement des images yang diselenggarakan oleh Institut Mines Télécom di platform France Université Numérique. Minggu ke tiga materi. Tapi sebenarnya minggu ke 4 MOOC, karena ada minggu ke-0; minggu persiapan perkenalan pemateri, pengenalan syllabus dan material apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti MOOC dengan baik. Juga pengenalan platform untuk mereka yang baru pertama kali mengikuti MOOC di platform fun-mooc...

Minggu lalu, saya sudah keteteran. Tak mampu mengikuti bagian pemrograman. Melihat evaluasi mingguannya, sungguh tak bisa membayangkan apa yang harus saya lakukan! Memang sudah lama sekali saya tidak memrogram...

MOOC Anima Podi 2: À la recherche du pas perdu bulan Mei 2020 taun lalu rasanya tak bisa masuk hitungan. Tak bisa dikatakan memrogram karena sudah memakai tools dan boleh dibilang tinggal klak-klik saja. Memrogram Thymio dalam MOOC Le robot Thymio comme outil de découverte des sciences du numérique di akhir 2018, mungkin? Sangat sederhana dan hanya memerlukan logika matematika saja. Setara lah, tingkatnya dengan pemrograman Scratch di tahun 2017 yang MOOC Scratch au collège-nya sudah tidak ada lagi...

Sepertinya memang MOOC Python : des fondamentaux à l'utilisation du langage yang saya selesaikan Desember 2016 merupakan MOOC terakhir tentang pemrograman yang saya ikuti. Bahkan kelas MOOC-nyapun sudah diganti dengan versi baru Python 3 : des fondamentaux aux concepts avancés du langage, karena yang dulu masih menggunakan Python 2!...

Mungkin memang saya terlalu percaya diri. Mungkin saya memang harus mengikuti MOOC Python 3 itu untuk meng-update dulu kemampuan programming saya. Atau mungkin memang saya harus menyerah saja. Apalagi kalau menghitung berapa banyak space disk yang diperlukan untuk suatu file gambar yang merupakan salah satu pertanyaan quiz teori saja, saya tak bisa! 🙈

Mungkin lebih baik saya cepat mengejar MOOC Modern Masterpieces of World Literature yang sudah dimulai sejak 17 Maret yang lalu dan belum saya sentuh sama sekali? Atau konsentrasi dengan MOOC Le design graphique au collège : découvrir pour transmettre yang minggu lalu tak sempat saya lanjutkan?...

Yah, lihat saja nanti... Kalau tak ada kabar lagi dari saya tentang MOOC pengolahan citra ini, silakan simpulkan bahwa akhirnya saya drop!... 😁


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah