KDrama Grid

Saat iseng browsing di Disney+, saya menemukan drama Korea baru; Grid. Wah, apa ini? Belum pernah dengar, rasanya...

Sebagai penduduk Prancis dengan akses ke kdrama yang lambat, saya selalu mendapatkan informasi dari teman-teman Indonesia mengenai rilis terbaru. Dari sekedar jadwal hingga sinopsis. Ya! Seterlambat itu rilis kdrama di Prancis! Mungkin proses penambahan subtitle-nya menunggu subtitle Inggris dulu? Entahlah...

Yang jelas, di Disney+ selama ini hanya ada kdrama Snowdrop --yang baru awal episode 1 sudah saya drop--. Karenanya, senang juga menemukan Grid ini...


Penangkal Badai Matahari

Kdrama Grid menceritakan suatu versi dunia di masa kini di mana Bumi dilingkupi oleh Grid, sebuah teknologi yang melindungi Bumi dari badai matahari yang ganas. Sesuai namanya, teknologi ini berbentuk jala. Jala virtual, tak kasat mata. Menangkal saat badai menerpa...

Grid ini dibangun pada tahun 1997 oleh seorang perempuan tak dikenal. Tak diketahui identitasnya. Mengaktifkan Grid, lalu menghilang begitu saja. Pemerintah sampai membentuk badan spesial untuk mencari perempuan yang disebut Ghost ini. Pekerjaannya "hanyalah" menelusuri internet, mencari petunjuk keberadaan Ghost ini...

Di tahun 2021, seorang agen badan ini menemukan petunjuk kemungkinan kemunculannya kembali, saat dia melihat laporan penyelidikan seorang polisi. Polisi melaporkan bahwa Ghost membantu seorang pembunuh untuk melarikan diri sebelum kemudian tiba-tiba menghilang begitu saja. Sang agen dan polisi pun bekerja sama untuk mengungkap keberadaan Ghost...

Mengapa Ghost muncul lagi setelah 24 tahun? Mengapa dia membantu kriminal?

Time Travel

Drama lama? Memang sudah keluar di Indonesia sejak Februari. Namun di Prancis, drama ini baru dirilis sejak 7 September 2022 di Disney+ Star Original. Sebelum mulai menontonnya, saya mencari informasi terlebih dahulu. Saya dapati bahwa temanya thriller science fiction. Ternyata time travel! Wah, saya suka, ini...

Komentar orang-orang sangat beragam. Ada yang suka, ada yang tidak. Kebetulan sedang tak ada kdrama lain yang menarik --padahal ada banyak pilihan di Netflix--, saya tonton saja. Dan ternyata saya memang suka...

Selalu menarik buat saya mengurai kekusutan akibat time travel. Asik melihat bagaimana suatu aksi yang berbeda akan mengakibatkan kondisi yang berbeda di masa depan pula. Penasaran akan keputusan karakter cerita, jalan mana yang diambilnya saat dia punya pilihan mengubah masa depan...

Akhir Terbuka

Kisah time travel yang menarik, selalu diakhiri secara terbuka. Ada adegan tambahan penuh misteri yang meminta penonton menebak, menginterpretasikan sendiri bagaimana akhirnya. Demikian juga kdrama ini. Akhir terbukanya. Tapi saya agak kecewa...

Alur drama 10 episode ini untuk saya cukup menarik. Ritmenya bagus. Pendahuluan sampai episode 6, dan dari episode 7 kita tau apa yang dicari tokoh utama namun belum tau akhirnya akan bagaimana. Saya dibawa penasaran sampai ujung...

Memang beberapa kali Ghost mengulang bahwa waktu tidak mengalir. Sudah ada alusi tentang dunia paralel. Tapi tetap saja saya lebih memilih "murni" time travel dan menyayangkan 5 menit terakhir drama ini...

Kalau bukan tema time travelnya, entah apakah saya tertarik menonton drama ini. Karena saya tak mengenal pemeran-pemeran utamanya. Meski yah, memang saya kenal aktor/aktris Korea yang mana sih? Terbatas sekali!...

Saya hanya langsung mengenali Seo Kang-joon yang saya pernah saya tonton sebelumnya di kdrama Are You Human Too? yang juga sci-fi dengan akhir yang juga saya tak suka. Eh?... Hehehe... 😁


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah