Koleksi "Jabatan" Editor

Kemarin saya resmi mendapatkan tugas sebagai editor. Editor lagi. Tugas editorial ke tiga setelah editor podcast dan video. Kali ini editor e-book. Beda lah yaaaa... Tapi jadi lengkap kan, koleksi "jabatan" editornya!?... Hehehe...

Editor e-book? Keren?...

Heu, e-book MGN saja kok. Komunitas Mamah Gajah Ngeblog. Rencananya, kami mau mengumpulkan artikel-artikel dari tantangan bulanan. Seperti podcast KBK dan youtube MPP, niat utamanya adalah mengarsipkan dan membuat agar bisa dinikmati lebih banyak orang...

Sama juga seperti podcast KBK dan youtube MPP, e-book MGN juga dikerjakan secara sukarela. Bedanya, di MGN ini saya tak sendiri. Dari 83 anggota MGN yang saya lihat di telegrup, ada 12 yang mengajukan diri untuk terlibat dalam penyusunan e-book ini. Dari 12 orang, ada 7 orang yang mengajukan diri menjadi editor. Termasuk saya...

Sukarelawati lain ada yang masuk ke bagian layout, dan ada juga sementara yang di tim hore. Mengerti kan, kenapa saya memilih bagian editor!? Layout jelas bukan bidang saya. Tim hore terlalu abstrak. Nanti kalau pekerjaannya di bidang publikasi, saya juga tidak mumpuni di sana!...

Yang jelas saya ingin berpartisipasi lebih aktif di MGN. Bergabung sejak dibentuknya awal tahun 2021 lalu, saya masih belum cukup percaya diri untuk menulis artikel di webnya. Terlibat di keorganisasiannya, saya tak banyak waktu. Lagipula tugasnya lebih ke urusan web. Yang itu saya juga tidak mengerti, secara saya hanyalah blogger curcoler abal-abal. Karenanya, kesempatan terlibat dalam penyusunan e-book ini tak mau saya lewatkan...

Sempat ragu juga. Secara targetnya akhir tahun ini sudah bisa diterbitkan. Padahal saya masih ada tugas podcast KBK yang memakan waktu. Kalau youtube MPP sih cuma potong depan dan belakang. Seminggu sekali saja, insya Allah masih bisa lah!...

Tapi saya mantapkan hati. Editorial adalah salah satu pekerjaan yang saya impikan. Editor buku, tentunya. Makanya saya tekadkan untuk mengalokasikan waktu untuk itu. Plus didorong keinginan berpartisipasi aktif di MGN, meski belum bisa rutin...

Kemarin pagi, organisasi pekerjaan dimulai. Pengurus sudah memutuskan untuk membuat 2 e-book dari 2 tema tantangan bulanan selama ini. Dan kami akan mengerjakan tema fiksi terlebih dahulu...

Peserta tema fiksi waktu itu ada 24 orang. Dengan 7 orang editor, ada yang mendapat bagian 3 artikel, ada yang mendapat 4. Saya sendiri mendapatkan 3...

Begitu menerima jatah, saya langsung membuka file google document yang sudah disiapkan pengurus MGN. Sepertinya sudah ada editing awal. Paling tidak sudah merintis layout. Jadi semua tulisan terlihat seragam font dan marginnya...

Hari masih pagi di Prancis saat saya mulai melihat bagian saya. Tapi sudah siang di Indonesia, kan!? Karenanya, saya langsung mulai saja. Mengedit sesuai poin-poin ketentuan yang sudah ditetapkan. Yang tidak banyak dan tidak rumit karena yah, apalah kami saya ini? Hanya editor amatiran saja...

Kami kurang lebih "hanya" memastikan ejaan, penggunaan hurup kapital, memiringkan kata-kata asing dan bahasa pergaulan. Kami tak sampai memotong tulisan. Atau membuat sub judul, karena toh artikel yang kami kerjakan saat ini berupa cerita pendek...

Itu juga sudah tidak bisa dibilang mudah!

Entah berapa kali saya harus bolak-balik memastikan ejaan di KBBI Daring. Beberapa kali terpaksa googling karena tak yakin akan kata-kata berimbuhan. Dan masih bertanya pada rekan-rekan di grup tentang hal-hal yang meragukan...

Tapi saya bisa menyelesaikannya dalam satu dudukan. Entah saking semangatnya, entah karena memang kebetulan saya mendapat artikel yang sudah bagus jadi relatif tak banyak yang harus diedit. Dan memang saya ingin lekas menyelesaikan, mengingat Selasa depan sudah ada pertemuan KBK September. Yang artinya, tugas editing podcast datang menjelang!...

Menyelesaikan dalam artian secara kasar saja ya. Sepertinya, dan memang sudah seharusnya, saya masih perlu membaca ulang. Deadline editing pertama ini masih seminggu lagi. Sesudah itu, penulis asli akan diminta proofreading dan memberikan komentar. Lalu editing lagi jika diperlukan. Perjalanan masih panjang!...

Yak, begitulah. Tambah satu lagi kegiatan pengisi waktu saya. Memang tak menghasilkan uang. Tapi ada kepuasan saat melakukannya. Dan kebahagiaan tersendiri saat ada yang menyatakan merasakan manfaatnya... đŸ˜‡


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah