Publikasi Podcast Oktober

Tak terasa sudah masuk minggu terakhir Butet sekolah sebelum vacances Toussaints mulai Senin depan. Subuh baru menjelang pukul 6.40. Saat Butet meninggalkan rumah jam 7.15, jelas masih gelap. Tapi dia tak mau diantar ke halte. Sendiri saja...

Seperti biasa saya awasi dia sampai menghilang untuk menyeberang. Saya jalan mondar-mandir di balkon sampai busnya lewat. AlhamduliLlaah hari ini tepat waktu...

Sepagian tadi saya mencoba menyelesaikan urusan podcast KBK. Semua audio sudah diedit. Tetap ada juga yang masih saya ubah. Tapi saya putuskan segera ekspor ke MP3 dan mengunggahnya ke Anchor sebelum berubah pikiran lagi...

Ada rasa jenuh menerpa. Untungnya seorang sahabat menelepon. Lumayan, bisa sedikit ganti suasana. Berbagi cerita, berbagi beban di kepala, juga di dada...

Kami mengobrol sampai saat makan siang tiba. Kebetulan sama-sama ada suami yang WFH. Cocok, deh!...

Setelah makan, saya kembali ke podcast. Mencoba mengepas musik latar yang cocok untuk masing-masing podcast itu tidak mudah. Tidak mudah untuk saya. Atau saya sendiri yang membuatnya tidak mudah?...

Jiwa perfeksionis saya tak hanya berontak kalau musik latar tidak selaras dengan nada suara presenter. Padahal saya juga sudah berusaha menyesuaikan musik itu dengan tema bukunya sendiri. Satu lagi: saya tak mau mengulang musik yang sama untuk presenter yang sama!...

Nyusahin diri sendiri ya?...

Tak ada bandingannya ketimbang kepuasan diri setelahnya kok!... Hahahaha...

Dan akhirnya, setelah terlambat dua hari dari target, tuntas sudah pengunggahan 7 podcast dari Pertemuan KBK September!!! Tepuk tangaaaan!...

Terlambat? Itu relatif!

Beberapa teman yang mengetahui saya mengerjakan podcast berkomentar "masih rajin ngerjain?". Percayalah, mereka itu termasuk dalam teman-teman saya yang paling akrab, meskipun tidak terkesan demikian! Huehehehe...

Memang targetan tidak ada yang mengharuskan. Tidak ada kewajiban. Targetan deadline itu saya sendiri yang menetapkan. Saya sendiri yang memutuskan, dengan mempertimbangkan kelancaran program lain (penulisan artikel berkaitan dengan Pertemuan KBK sebelumnya, pengumuman pertemuan KBK berikutnya, ...), dengan tak lupa menghitung juga kapasitas diri saya, tentu saja!...

Bahkan tidak ada kewajiban bagi saya mengerjakan podcast ini!... 

Seperti Ketua Kelas dan semua anggota tim ketulas KLIP yang lain, pengerjaan podcast ini adalah sukarela. Saya mengerjakannya karena saya suka dan rela. Suka ngulik audacity, belajar canva, anchor, ... dan rela ... terutama soal waktu!...

Penyusunan podcast ini memang membutuhkan waktu sekali. Saya pernah menuliskan prosesnya saat pertama kali memutuskan untuk oke, saya ambil tanggung jawab ini! Tidak banyak yang berubah selain bahwa file rekaman sekarang bisa langsung didapatkan berkat kemudahan rekaman Telegram. Tinggal melihat ke folder saved messages. Atau memintanya dari partner di tim KBK yang merekamnya...

Selain itu belakangan tim KBK suka lupa mengingatkan peserta untuk membuka kamera selama presentasi. Hasilnya, kami tak ada foto peserta. Akhirnya agar adil, saya putuskan untuk meminta foto langsung dari peserta saja. Mempermudah pekerjaan juga. Membuat screenshot wajah yang layak itu tak mudah, kawan!...

Mengedit 3 jam rekaman menjadi beberapa podcast jelas perlu waktu. Hari ini saya mencoba mengukur, untuk memasang musik latar dan mengunggah ke Anchor saja, masing-masing membutuhkan minimal 5 menit! Itu pun dengan cover dan caption yang sudah didraft sebelumnya! Minimal! Karena ada saja kejadian putus koneksi atau bug di anchor. Seperti yang terjadi juga pada saya hari ini. Total saya menghabiskan hampir satu jam untuk menyelesaikan publikasi Anchor saja!...

Tak ada kewajiban, jadi boleh seenaknya? Ya tidak juga!...

Namanya sudah menyatakan bersedia, ya harus bertanggung jawab. Harus menanggung konsekuensinya. Kalau ada halangan, ya paling tidak bilang! Kasih kabar ke yang lain. Tidak menghilang begitu saja. Karena dalam tim, pekerjaan satu akan mempengaruhi kelancaran pekerjaan yang lain...

Dan saya sendiri sudah sempat mengabarkan kemungkinan keterlambatan publikasi podcast bulan ini sejak awal minggu lalu. Namun waktu itu saya hanya memperhitungkan mepetnya waktu pengerjaan yang hanya 2 minggu, dan sama sekali tak menyangka ada saat sakit 3 hari...

Hmmm... Sakit 3 hari tapi hanya terlambat 2 hari dari target? Berarti sebenarnya saya mampu dong ya!?...

Masih ada satu kali lagi jadwal Pertemuan KBK tahun ini. Hari Selasa yang akan datang. Yang artinya masih ada satu seri podcast yang harus saya kerjakan. Semoga tetap lancar seperti selama ini...

Yuk ah, semangaaaatttt!...


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah