Brevet Butet - H2

Dan ... berlalu sudah masa ujian brevet Butet!...

Kemarin, saat saya memberitakan ujian Butet ini di wag keluarga besar, seorang sepupu berkomentar, wah sudah mau SMA saja! Dan memang, waktu berlalu dengan sangat cepatnya!...

Kemarin Butet tak terlalu belajar. Malah banyak menonton anime online. Saya biarkan saja. Biar santai. Kasihan ujian dari pagi sampai sore...

Sebelum tidur, Butet melihat berita di internet bahwa ada kebocoran soal ujian hari ke dua ini! Hasilnya, soal ujian hari ini adalah soal ujian cadangan yang memang sudah dipersiapkan. Butet gusar. Karena biasanya soal cadangan lebih sulit ketimbang soal aslinya...

Tapi masih untung kebocoran soal sudah diketahui sebelum ujian dimulai. Kalau kebocoran baru diketahui setelahnya, bisa-bisa ujian harus diulang! Seperti yang sempat terjadi pada brevet blanc pertama yang lalu...

Hari ini pagi ujian Histoire-Geographie dan EMC selama 2 jam, siang ujian SVT dan Technologie satu jam saja. Mulai tetap jam 9, dipotong istirahat makan siang 11.30-13.30. Pukul 14.30 sudah selesai semua. Butet sampai rumah jam 3an. Saya masih video call bersama teman-teman MGN...

Sambil setengah mendengarkan pengumuman pemenang tantangan Juni, setengah mengobrol dengan Butet. Beberapa saat saya putuskan untuk mematikan kamera. Tak enak rasanya terlihat tak berkonsentrasi menyimak. Eh ternyata pas diumumkan bahwa saya meraih Favorit ke-5!...

Tidak menyangka. Karena saya tak masuk dalam 5 besar di 3 kategori sama sekali. Tidak unik, tidak relatable, tidak pula enak dibaca. Saya sudah bersiap untuk membecandai teman-teman, meminta hadiah khusus bagi saya, satu-satunya peserta tantangan yang hadir yang tidak jadi juara! Hahahaha...

Saya sih sadar penuh bahwa tulisan para pemenang memang lebih bagus dari tulisan saya yang berantakan. Tapi ternyata saya masih bisa masuk 5 besar favorit. Mungkin saya nomor 6 di semua kategori ya?...

Yang jelas, saya berhak mendapat hadiah! Horeee! Kebetulan sekali pas mau pulang kampung. Bisa segera menikmati hadiahnya!...

Selesai pengumuman, kami masih lanjut ngobrol panjang. Video call di telegram baru ditutup sekitar jam 4. Kami sudah ngariung 1,5 jam lebih!...

Kembali ke Butet...

Butet cerita bahwa ternyata soal histoire-geo-nya lebih mudah daripada soal yang bocor. Ada temannya yang mendapatkan forward-an bocoran, yang memang terkuak karena terlalu tersebar di whatsapp...

Sayangnya, ujian science-nya lebih sulit dari yg dibocorkan. Dengan waktu yang hanya satu jam, Butet kesulitan menyelesaikan keseluruhannya. Kebanyakan temannya pun demikian...

Ya sudahlah. Sudah lewat. Sekarang tnggal menunggu hasilnya yang dijadwalkan akan diumumkan pada 11 Juli nanti...

Butet tak mau mencari koreksi soal yang sudah langsung terbit begitu ujian brevet berakhir. Memang berbagai media berlomba memberikan jawaban soal ini. Tentu saja, bukan jawaban eksak yang mutlak. Kebanyakan soal merupakan analisis dan logika. Jawaban bisa tak sama. Apresiasi pengoreksi juga bisa berbeda...

Butet tak mau menghitung perkiraan berapa nilai akhirnya. Tak mau tahu dan agak pesimis bisa mendapatkan mention tres bien...

Saya besarkan hatinya untuk tetap optimis. Itu artinya dia tau persis bagian mana yang kurang dia kuasai, kan!?...

Yah, kita lihat saja nanti...



 

Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah