Lennon - David Foenkinos

Sabtu 25 Juni kemarin adalah jadwal pertemuan Club Lecture. Pertemuan terakhir untuk musim ini. Libur musim panas, lalu mulai Club lagi nanti bulan Oktober. Insya Allah. Semoga tak ada halangan...

Kali ini, buku yang dibahas adalah Lennon karya David Foenkinos. Penulis yang sempat saya jumpai 24 Mei yang lalu, yang dengan baiknya membubuhkan tanda tangannya pada kedua buku yang saya beli. Satu di buku terbarunya Numero deux, yang itu ceritanya lain kali kalau sudah selesai membaca saja, dan satu lagi buku Lennon yang saya beli dalam versi pocket, yang membuat saya sungkan untuk meminta tanda tangannya tapi ternyata penulisnya menawarkannya sendiri...


Kisah Hidup John Lennon

Ya! Lennon di sini adalah John Lennon. Artis penyanyi, pencipta lagu, dan anggota grup The Beatles...

Cerita dimulai dari kelahiran Sean Ono Lennon, putra dari John dengan istrinya Yoko Ono, yang membuat John merasakan perlunya berkonsultasi dengan psikolog. Dimulailah curahan hatinya, meneritakan kebahagiaan sekaligus ketakutannya sebagai ayah...

John menceritakan tentang masa kecilnya sendiri. Saat orang tuanya berpisah dan dia harus hidup bersama tantenya yang sangat menyayanginya. Lalu kembalinya ibunya yang sudah lama tak ada kabar beritanya, padahal ternyata rumah si ibu tak jauh dari tempat tinggalnya...

Tentu saja ada cerita mengenai dibentuknya The Beatles, bagaimana mereka mulai meraih kepopuleran, perkembangan formasinya, penciptaan lagu-lagunya, hingga bubarnya grup yang mendunia dan ketenarannya melampaui batas waktu itu, yang oleh pandangan banyak orang disebabkan oleh campur tangan Yoko Ono...

Buku berakhir tepat sehari sebelum meninggalnya John Lennon...   

Bukan Biografi

Saya mengenal David Foenkinos pertama kali dengan bukunya Potentielle erotique de ma femme, yang meski lupa detilnya, saya mengingat kesan yang baik. Banyak humor di dalamnya. Tidak bermuatan erotis sama sekali!

Sesudah itu saya sempat membaca bukunya yang lain. Lalu patah hati saat ternyata saya salah mengambil saat Festival livre, dan meminta tanda tangan di bukunya yang lama dan bukannya buku baru!...

Saya tak membaca lagi bukunya sejak kejadian itu. Termasuk buku yang ditandatangi itu! Sampai buku Lennon ini! Berkat Club lecture, saya berbaikan dengan David Foenkinos!...

Buku Lennon ini diterbitkan tahun 2010. Tidak termasuk buku karya David Foenkinos yang populer... 

Memang didasarkan atas kisah hidup John Lennon, tapi penulis sudah menyatakan bahwa memasukkan unsur fiktif di dalamnya. Tak mungkin juga mengetahui perasaan John Lennon yang sebenarnya kan ya? Dan seperti saya tulis di atas, buku ini berisi curhat!

Saat pertemuan Club lecture, beberapa peserta menyatakan ganjalannya bahwa ini bukanlah model konsultasi dengan psikolog. Gaya bicaranya tidak akan seperti itu, baik untuk pasien yang berbicara, apalagi untuk catatan psikolognya...

Saya sendiri seiring membaca, lupa sama sekali bahwa ini adalah kumpulan sesi konsultasi psikologi. Saya membacanya sebagai curhatan teman biasa saja. Bahkan perlu beberapa sesi sampai saya menyadari bahwa buku ini dituliskan dengan gaya narasi penuh. Tak ada dialog sama sekali!...

Sambil Mendengarkan Musik The Beatles

Saya tidak mengenal kehidupan John Lennon sebelumnya. The Beatles pun hanya tahu sekedar nama dan beberapa lagunya saja. Saya melihat pilihan buku ini, saya merasa tak tertarik. Dan tetap tak tertarik saat mulai membacanya...

Kalau harus berhenti membaca, saya akan sulit memulai lagi. Tapi begitu mulai, saya bisa membaca beberpa bab sekaligus! Buku ini sangat enak dibaca. Seperti buku-buku David Foenkinos yang lain...

Ya! Saya sudah baikan dengan David Foenkinos. Buktinya, saya membeli buku terbarunya. Dan sudah mulai saya baca juga!...

Untuk membaca buku Lennon ini, saya sarankan sambil mendengarkan lagu-lagi The Beatles dan John Lennon sesuai yang disebutkan dalam buku. Saya sempat membuat playlist-nya di Spotify...

Meski tetap ada dalam playlist, terus terang saya skip lagu-lagu yang disusun bersama Yoko Ono!...


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah