Wednesday: A Fullscreen Day

Rabu, hari pengajian. 9.45 - 12.30 CEST tadarus dilanjutkan kajian di zoom, siangnya edit rekaman untuk Youtube. Semua pekerjaan lain, libur dulu. Termasuk podcast. Yang berkat diadakan di Telegram, saya bisa langsung mendapatkan rekamannya kemarin!...

Brevet Si Butet

Rabu ini, hari terakhir minggu tenang Butet sebelum mulai ujian brevet Kamis dan Jumat besok. Yang tadinya ingin bersantai, Butet berkencan dengan temannya untuk belajar bersama di perpustakaan kota Cannes. Pagi saja. Karena siangnya, teman Butet ada kegiatan...

Mulanya mereka janjian untuk Selasa kemarin. Karena prevision meteo menyatakan vigilance jaune untuk hujan berpetir plus angin kencang, janjian dibatalkan. Apalagi mereka berniat makan siang bekal sandwich di taman perpustakaan... 

Tapi akhirnya rencana belajar bersama hari Rabu ini pun dibatalkan. Kedua anak merasa lelah. Dan saya pikir memang lebih baik mereka bersantai saja menjelang ujian besok. Apalagi dengan kebiasaan belajar mereka yang sudah bagus, rutin teratur. Insya Allah tidak masalah...

Untuk kelulusan, Butet dan sahabatnya sudah dinyatakan lulus. Nilai harian mereka sudah lebih dari mencukupi. Yang mereka targetkan adalah mention. Très bien. Semoga sehat, lancar, udara menyenangkan, mereka berkonsentrasi, mengerjakan ujian dengan baik, dan mendapatkan nilai mendekati sempurna. Aamiin...

Ambisius? Kalau dilihat dari potensi anak-anak sih tidak. Sombong? NaudzubiLlaahi min dzalik. Hanya sekedar ingin meminta yang maksimal saja sama Allah. Boleh, kan!?... Minta bantu aamiin-kan ya!?... 🙏

Youtube dan Podcast

Meski berniat mendedikasikan hari untuk pengajian, ternyata tetap saja saya memulai hari dengan mengedit podcast. Niatnya sih sambil menunggu jam mulainya pertemuan Zoom. Satu saja. Dan masih edit kasar. Tapi lalu saya lanjutkan dengan mengonversi semua file rekaman audio di telegram yang berbentuk *.ogg ke *.aup, project audacity. Yah, mumpung sehat dan sempat. Karena waktu saya untuk pengerjaan podcast kali ini benar-benar terbatas dan tak ada toleransi...

Jelas ada toleransi, sebenarnya... Semua akan memaklumi kalau saya tak bisa menyelesaikan tugas pada waktunya. Bahkan teman-teman pengurus sudah dengan baiknya menawarkan untuk saya cuti mulai bulan ini, untuk persiapan mudik. Tapi saya tolak. Lagian persiapan apa juga, kan!?

Kalau saya lengah kali ini, pekerjaan akan menumpuk hingga kembalinya saya ke Prancis. Lama sekali kan!? Dan saat itu sudah akan ada pekerjaan podcast bulan Agustus! AlhamduliLlah yang Juli sudah ada yang menyanggupi untuk menangani...

Tetap lebih baik mengerjakan apa yang kita bisa selekas mungkin kan!?...

Seusai makan siang dan mengerjakan rekaman Youtube, saya memilih berhenti juga. Tak lanjut kembali ke podcast. Rasanya pening, terlalu lama di depan layar. Belum lagi pengalaman kelamaan posisi duduk bisa menyebabkan kambuhnya sakit lutut... 


Sejak pagi saya juga sudah merasa tak enak badan. Bangun dengan hidung agak tersumbat dan tenggorokan sakit. Sesak nafas kambuh. Sepertinya kena angin dingin. Jendela terbiasa terbuka sedikit sejak beberapa minggu ini, padahal semalam agak dingin setelah kemarin hujan besar...

Jadi saya tahu diri. Stop!...

Ber-"layar" Sampai Malam

Tapi, susah juga menghindar dari layar!...

Bukan... Bukan untuk sosial media. Bukan pula untuk youtube dan podcast yang meski saya senang mengerjakannya, saya tak suka menikmatinya. Heu... Aneh? Begitulah!... Saya bukan penonton Youtube maupun pendengar podcast. Entah kenapa nasib membawa berkutat mengelola Youtube MPP dan Podcast KBK!...


Layar di sini adalah untuk membaca! Entah itu buku digital atau webtoon. Sejak menonton The Sound of Magic, saya jadi suka membaca webtoon. Tapi itu cerita lain lagi...

Yang jelas, saya jadi menemukan satu poin negatif dari ebook. Yaitu menambah screen time! Meskipun tujuannya membaca, tetap saja rasanya harus dikurangi deh...

Saat menulis ini, saya sudah minum paracetamol. Sejak sore saya pilek berat! Berniat membaca --ya, di layar tablet!-- sambil menunggu Isya yang masih lama; 22.40! Kalau tak ketiduran...

Kalau ternyata tertidur ya besok harus bangun lebih pagi, sebelum Subuh. Tapi saya harus istirahat, kalau mau lekas kembali sehat. Karena masih dibutuhkan mengantar Butet ujian dua hari ke depan... 

Semoga semua sehat, mudah, lancar, sukses, dan dilimpahi berkah-Nya. Aamiin... 🙏


---

Tulisan ini diikutkan dalam Nulis Kompakan Mamah Gajah Ngeblog bulan Juni 2022 dengan tema Rutinitas Harian Mamah...


Comments

  1. Hari yang produktif ya, biarpun kurang enak badan. Semoga segera sembuh & fit kembali. Salam sukses buat Butet. Semoga lancar ujiannya dengan hasil optimal. Bismillah...

    ReplyDelete
  2. Rutinitasnya keren, bikin youtube dan podcast. Belum nyambung di saya nih bikin podcast, kalau youtube masih kebayang. Amin...amin...semoga Butet dan sahabatnya, hasilnya bagus ya Teh Alfi. Daan...semoga cepat sehat yah...

    ReplyDelete
  3. Doa yang sama Teh Alfi, semoga Teteh sehat, diberi kemudahan, kelancaran, kesuksesan dan InshaAllah berkah, bonne chance Butet , dan met mudik juga Teteh

    ReplyDelete
  4. Wah walaupun sakit tapi tetep produktif ya teh Alfi, padahal kalau saya sih lagi pusing pengennya cuma rebahan ajah, boro-boro mikirin kerjaan. Hehe.. Semoga segera fit lagi ya teh..

    ReplyDelete
  5. Syafakillah, teh Alfi.. Betul teh, lebih baik mengerjakan sesuatu selekas mungkin ya supaya pekerjaan ngga menumpuk.. (aku tau teori ini tp pada kenyataannya lebih sering magernya daripada selekasnya, hihiii)

    ReplyDelete
  6. Aamiin aamiin ya Rabb, semoga ananda Butet mampu mengerjakan ujiannya dengan lancar dan meraih nilai yang bagus ya Mba Alfi. :)

    Semoga sekarang sudah sembuh ya Mba Alfi, makin fit dan bugar sehat walafiat. :)
    ***
    Ahh saya setuju, Mba, saya juga kadang malas membaca via Kindle, karena sudah merasa terlalu banyak screen time. Tapi gimana, banyak juga buku yang tidak bisa dibeli dalam bentuk fisik di Indonesia. Alhasil ya jadi memaksakan diri, cuman waktunya saja yang dikurangi.
    ***
    Btw saya baru tahu, Mba, mengenai kelamaan duduk bisa membuat kambuh sakit lutut. Duh pokoknya semoga sehat selalu ya Mba Alfi.

    ***
    Makin sukses dalam membuat konten di Youtube dan Podcast. :) Youtube-nya sudah saya subscribe, Mba Alfi :)

    ReplyDelete
  7. Ini kayak lagi baca "A day in the life of a Media Editor" hehe... btw kita samaan banget Fi, kalau panas buka jendela, pakai baju pendek2, tapi alhasil masuk angin, pusing, sakit perut, dll. Serba salah banget ya.

    Selamat ya, jadi butet masuk SMA kah?

    ReplyDelete
  8. Entah kenapa aku baca soal Butet dan ujiannya malah inget cerita di Malory Towers atau St. Clare hehe. Ujian sekolah anak Eropa. Btw aku juga kalau udah ngulik ngedit-ngedit gitu jadi suka lupa waktu juga. Mungkin merasa jiwa teknikal yang terpendam tersalurkan haha. Semoga selalu sehat ya untuk Teteh sekeluarga :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah