Buku Bertema Unicorn

Hari ini saya dan Butet makan siang di rumah sahabat saya. Hanya saya berdua Butet, sahabat sekeluarga berempat, dan satu sahabat lagi. Dengan menjaga protokol kesehatan, tentunya... Dia adalah salah satu sahabat Indonesia yang terlama saya kenal. Sejak hamil Butet. Dan sekarang anaknya sudah dua. Sudah sempat beberapa kali saya ceritakan bagaimana Butet seperti kakak saja untuk Gendhuk dan Nonik. Ah ya, belum lama. Mereka lah yang saya ceritakan di jejak tentang karnaval...

Sudah lama juga kami tak bertemu. Hanya sekilas serah-terima kostum di sebelah mobil yang bahkan tak diparkir. Cepat-cepat menjelang jam malam... Bahkan baru hari ini Butet memberikan kado ulang tahun ke Nonik yang sudah lewat lebih dari satu bulan!...

Tapi memang standar sih. Tahun lalu, kadonya juga terlambat diserahkan. Sejak anak-anak sekolah, praktis kami hanya bertemu di saat libur saja. Apalagi jika sahabat saya ada jadwal kerja. Tambah sulit lagi untuk bertemu muka...

Kami biasa memberi kado buku. Kali ini tentang unicorn. Nonik yang berumur 4 tahun sedang suka, kata ibunya. Saya pun browsing mencari buku tentang unicorn. Awalnya Butet tidak setuju. Memang dia tak suka unicorn. Padahal dulu dia sempat suka My Little Poney juga tuh, sebenarnya. Sudah lupa, dia... Saat saya pancing sahabat saya, buku apa yang sekira Nonik suka, ternyata sama persis dengan dua pilihan saya!...


Namun saat paket sampai di rumah dan kami buka-buka, sepertinya bukunya agak sulit untuk anak umur 4 tahun. Buku Où sont cachées les licornes yang merupakan buku permainan mencari unicorn cukup njlimet. Rumit. Unicorn-nya tak langsung terlihat. Di website, buku hardcover ini tak jelas disebutkan untuk umur berapa. Namun masuk ke kategori 3-5 tahun meski memang rata-rata komentar memberikan buku ini ke anak umur 7-8 tahun...


Lalu buku Les Licornes - 
Livre de décalcomanie juga tidak mudah. Yang ini memang saya agak ambil resiko. Secara di website pun jelas disebutkan bahwa buku stiker dan mewarnai ini diperuntukkan 6-8 tahun. Saya pikir, minimal si Nonik masih bisa bermain dengan stikernya. Apalagi kualitas cetak buku Usborne, sampai saat ini tidak pernah mengecewakan. Terbukti kali ini juga, meski hanya softcover, kertasnya bagus, dan stikernya pun tampak kuat, dengan warna-warna girly yang menarik...

Butet selama ini cukup bisa jadi referensi untuk memilih kado bagi adik-adiknya itu. Hanya saja kemarin dia terlalu sibuk dan tak ada waktu untuk mencarikan alternatif kado. Sayapun pede memilih ke dua buku, apalagi dikonfirmasi oleh ibunya sendiri... 

Butet sempat menduga-duga, jangan-jangan justru nanti kakaknya yang akan menggunakan ke dua buku. Tahun lalu, saat kami mengado buku stiker untuk Nonik, memang Gendhuk malah asik menempel-nempel. Padahal buku stiker sederhana yang memang sesuai dengan umur adiknya...

Meski saya dan Butet venderung menyimpulkan kalau ke dua buku ini lebih pas untuk anak usia mulai 6 tahun, rasanya senang juga melihat mata Nonik berbinar menerima kadonya tadi. Selama ini kami perhatikan, dia anak yang cukup teliti. Beberapa kali kami kado buku permainan mencari gambar begitu, dia selalu cepat tanggap dan bisa lekas menemukan gambar. Semoga saja ke dua buku tadi tidak terlalu sulit dan membangkitkan keingintahuannya, membuatnya tetap semangat belajar sambil bermain. Mungkin bersama kakaknya... 😄


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah