Sertifikat Pertama 2021!

Ya, Sabtu kemarin saya dinyatakan telah menyelesaikan MOOC Writing for Young Readers: Opening the Treasure Chest yang diselenggarakan oleh Commonwealth Education Trust! Setelah sekian tahun mengikuti MOOC di Coursera tanpa sertifikat, senang juga bisa memperolehnya kembali. Berkat penawaran spesial gratisan awal tahun Coursera nih!...

Melihat-lihat arsip, terakhir kali saya mendapatkan sertifikat Coursera adalah untuk Marriage and The Movies: A History yang diselenggarakan oleh Wesleyan University pada bulan Juli 2015. Waktu itu, sertifikat masih digratiskan. Bukan sertifikat resmi dari penyelenggara sih. Hanya Statement of Accomplishment. Total saya sudah mendapatkan 13 sertifikat. Ada 4 kuliah di Coursera yang saya selesaikan tanpa sertifikat. Termasuk yang terakhir Introduction to Classical Music yang diselenggarakan oleh Yale University. Perjalanan panjang sejak kuliah The Science of Gastronomie dari The Hong Kong University of Science and Technology yang saya selesaikan pada bulan Agustus 2013...

Memang saya jadi jarang memilih Coursera sebagai tempat belajar sejak ditiadakannya pemberian sertifikat. Sudah berapa kali saya drop kuliah karena kurangnya motivasi. Ditiadakannya sertifikat, sering kali diikuti dengan ditiadakannya evaluasi. Jadilah suka asal-asalan karena tidak ada targetan. Tak cuma Coursera, kuliah-kuliah di edX pun banyak drop-nya. Sertifikat terakhir di edX bertanggal Maret 2016, dan kuliah terakhir yang saya selesaikan bertanggal Desember 2017...

Apalagi saat pemerintah Prancis menyediakan platform France Université Numerique. Berbahasa Prancis, tetap gratis, dan dengan sertifikat, jelas pilihan saya jatuh ke fun-mooc! Selain mempelajari hal-hal yang saya suka, sekaligus bisa memperdalam kemampuan bahasa Prancis... Atau mungkin alasan melarikan diri dari platform MOOC berbahasa Inggris karena kemampuan Bahasa Inggris saya yang jauh menurun?...

Sertifikat buat saya sebenarnya bukan yang utama. Asal saya suka bahasannya, saya tetap mengikutinya. Terutama untuk kuliah tak berbayar yang masih memberikan deadline. Meski tanpa evaluasi, deadline paling tidak bisa memotivasi. Apalagi buat saya yang relatif ingin menyelesaikan apapun yang sudah saya mulai...

Perjalanan MOOC yang baru saya selesaikan juga tidak begitu mulus. Bahkan awalnya agak cathastrophique, mengingat sebenarnya saya tidak berniat mendaftar pada saat itu. Ingin coba-coba saja sebelum membagi info tentang tawaran free cours ke yang lain. Untung saja saya memilih mencoba cours yang memang salah satu dari yang saya inginkan. Bayangkan jika saya asal klik dan akhirnya masuk ke kuliah manajemen!...

Awal Januari saya sudah memulai MOOC Steps in Japanese for Beginners di edX dan sedang mengikuti Atelier d'écriture via zoom yang diselenggarakan Mediatheque Centrale Le Cannet sejak Desember. Niatnya, saya akan mendaftar MOOC di Coursera agak di akhir Januari, menjelang berakhirnya atelier. Eh, akhirnya ada masa yang beririsan karena atelier baru berakhir Rabu terakhir bulan Januari...

Atelier dan MOOC Coursera lancar. Namun MOOC yang di edX drop. Saya kelewat deadline. Sebenarnya ada reminder. Tapi memang dasar kurang motivasi saja. Minggu ke tiga saya keteteran... Fyi, itu kali ke dua saya mendaftar. Yang pertama dulu sepertinya malah sudah drop di modul pertama!...

Karena itulah saya sering ajak-ajak teman kalau mengikuti MOOC. Saya juga suka menawari menjadi study buddy. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengikuti MOOC. Study buddy untuk belajar Bahasa Prancis, pemrograman tingkat dasar? Ayo!... Bidang lain? Boleh saja. Mari kita belajar bersama!... 😉

Tapi sekarang saya libur MOOC dulu. Masih ada dua hutang tulisan yang harus saya selesaikan. Apalagi minggu depan Butet mulai libur sekolah. Dan saya sudah mendaftar untuk dua MOOC: Introduction au traitement des images dimulai 1 Maret, dan Modern Masterpiece of World Literature mulai 17 Maret!...

Yuk, ah,semangaaattt!... 💪😉


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah