Mengejar MOOC

Hari ini libur nasional di Prancis. Libur Paskah. Memang ckup unik. Sementara negara-negara lain memberlakukan libur Paskah di hari Jum'at Agung, Prancis memilih meliburkan Senin sesudah Minggu Paskah...

Kamis lalu sudah masuk minggu ke-5, modul terakhir MOOC Le design graphique au collège : découvrir pour transmettre yang diselenggarakan oleh Centre National des Arts Plastiques melalui platform France Université Numerique.

Dua minggu pertama, saya disiplin mengerjakannya tiap Kamis. Quiz-nya tidak terlalu sulit. Asal menyimak video (atau mahir ctrl-F di transkripnya 😜) mustinya tak akan ada masalah... Namun sejak minggu ke-3, saya selalu lambat dengan berbagai alasan...

Memang ini sulitnya MOOC tanpa deadline mingguan. Dengan hanya deadline besar tanggal 10 Mei nanti (masih ada waktu, kl mau nyusul 😉), motivasi kurang terdorong. Tapi hari ini, saya menyelesaikannya juga... 

Banyak ilmu yang saya dapat dari MOOC ini. Sesuatu yang terlihat sederhana, yang kita temui sehari-hari, ternyata menggunakan ilmu desain grafis untuk berhasil meraih perhatian kita. Untuk bisa kita ingat lama. Untuk bisa kita pahami isinya...

Tipografi, warna, gambar, visualisasi data, dan layout dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Tak terlalu teknik...

Apakah memperhatikan bahwa ada perubahan fon di posting kali ini?...

Kali ini saya menggunakan fon Helvetica. Dari MOOC, saya mendapatkan informasi bahwa fon ini yang paling banyak digunakan di dunia. Fon ini juga yang paling banyak imitasinya. Salah satunya adalah fon Arial, yang selama ini saya pilih untuk menulis di blog ini!... 

Dari MOOC saya mendapatkan ilmu bahwa pilihan fon menentukan rasa tulisan juga. Saya sendiri belum tahu apakah pilihan saya yang paling cocok dengan tema tulisan saya. Yang jelas mulai hari ini saya mengganti fon Arial dan memilih "asli"-nya; Helvetica. Untuk menghargai penciptanya...

Saya yang bukan guru SMP saja merasakan manfaat MOOC ini. Apalagi yang guru SMP! Karena selain materi teoritik, MOOC juga memberikan contoh alternatif aktivitas yang bisa dilakukan di kelas. Ada untuk 6e (kelas 6) dan 5e (kelas 7), juga untuk 4e (kelas 8) dan 3e (kelas 9). Yang bagian ini saya skip saja. Meski sebenarnya saya ada murid kelas 8 di rumah... 

Selain menyelesaikan MOOC desain grafis, hari ini saya juga mengejar MOOC Modern Masterpieces of World Literature juga. Bukan hanya karena memang ada deadline mingguan yang kali ini jatuh pada 7 April. Tapi juga karena mulai besok, Butet akan kembali SFH...

Mulai besok pagi sampai Jul'at, laptop tak akan bebas lagi. Tentunya saya akan mengalah membiarkan Butet memakai laptop untuk sekolah. Dan memang sebenarnya saya bisa saja mengerjakan MOOC dari jauh hari. Atau mengaksesnya melalui tablet dan smartphone. Tapi lebih baik mengerjakan selagi sempat tanpa menunda-nunda, kan!? Meskipun akhirnya tak jadi membaca Candide yang menjadi tema minggu ini. Padahal itu satu-satunya buku yang saya punya dari berbagai referensi yang ada. Euh, bukunya Ucok sih... Buku bacaan wajib waktu SMA...

Lekas saya selesaikan semua video materinya. Kebetulan kali ini taj sebanyak dua minggu pertama. Namun ternyata saat mau mengerjakan quiz, aksesnya ditutup! Akses terbatas hanya untuk mereka yang membayar. Ah, saya tak cek sebelumnya. Sudah senang saja bisa ikut quiz di 2 modul pertama. Saya pikir benar-benar terbuka meski tanpa sertifikat di akhirnya...

Apakah saya akan tetap melanjutkan modul berikutnya? Kita lihat saja, apakah motivasi masih tetap ada. Akses auditor untuk saya, masih terbuka hingga 12 Mei. Dan saat ini, saya tidak mengikuti MOOC lain...

Lalu, MOOC traitement d'image? Ah, sudahlah... 🤓



Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah