Kembali ke Podcast

Hari ini, Rusia menyerang Ukrania...

Tapi daripada imun turun mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi, lebih baik saya mulai mengurus podcast saja. Setelah libur sejak Desember, akhirnya hari ini kembali membuka Audacity lagi...

Selain sudah ada rekaman dari zoom KBK Selasa lalu, saya juga menerima rekaman suara mandiri dari salah satu anggota KLIP. Memang selain berisi penggalan obrolan selama zoom KBK tiap bulannya, podcast KLIP juga bisa diisi dengan rekaman mandiri dari anggotanya...

Rekaman ini bisa berupa rekaman siap tayang. Rekaman yang sudah lengkap dengan musik latarnya segala. Seperti yang sudah sempat saya terima tahun lalu. Atau bisa juga rekaman mentah yang masih musti diedit di Audacity dan ditambah musik latarnya di Anchor sebelum dipublikasikan. Dan rekaman jenis ke dua inilah yang saya terima kali ini...

Rekaman zoom yang saya terima rupanya tak lengkap. Bagian pertama sebelum koneksi putus belum ada. Semoga saja terekam. Sambil menunggu kabar selanjutnya, saya pun memilih untuk mengerjalan rekaman mandiri dulu. Lagipula memang rekaman mandiri datang sebelum zoom KBK...

Meski sudah bagus dan hanya perlu sedikit sekali diedit untuk mencari potongan highlight-nya, saya jadi tetap harus membuka Audacity. Tak bisa mengandalkan mengedit online di Anchor yang suka ada bug dan tak merekam editan suara...

Aih! Ada pesan eror import failed! Katanya likely caused by malformed MP3! Langsung klik tanda tanya yang ada di sampingnya. Help terbuka. Dan masalah bisa langsung diselesaikan dengan Workaround-1 - using the file type filter. Import pun berhasil, meski tampilan jadi beda. Ada dua kanal. Tapi mungkin karena memang format rekamannya yang stereo?

Wah, memang masih harus banyak belajar lagi tentang Audacity nih!...

Karena rekamannya sudah bagus, tak perlu waktu lama bagi saya untuk mengeditnya. Panjang rekaman pun hanya 8 menit saja. Dengarkan sampai habis, ambil highlight, copy, paste ke awal rekaman, jadi! Hmmm... Seandainya kerjaan podcast begini aja, betapa enaknyaaa...

Saya pun jadi merasa malas untuk mengulik rekaman zoom KBK, yang bagian ke duanya saja sudah 2 jam! Jangan merusak rasa puas ini dulu lah... Karenanya, saya mengulik Canva untuk membuat cover dulu sajaaa...

Template sudah ada. Tinggal menambahkan foto pembicara dan bukunya saja. Waaaahhh... Tak perlu pusing-pusing lagi memikirkan warna cover. Tak perlu menimbang-nimbang elemen frame yang mana. Tak perlu bingung apakah memasang foto pembicara saja, buku saja, atau pembicara dengan bukunya...

Tinggal klak klik, geser sana-sini, drag meyesuaikan ukuran. Foto presenter sudah saya capture. Foto buku tinggal googling. Jadi deh! Enak sekaliiiiiii... Jadi tambah nggak pengin buka rekaman zoom KBK-nya!

Lho? Hahahaha...

Tapi ternyata semangat jadi membara. Karena suasana hati sedang enak, mungkin ya?... Saya buka rekaman dan memecah-mecahnya menjadi 6 bagian, sesuai dengan jumlah buku yang dipresentasikan. Meski belum lengkap semuanya. Lalu simpan. Lanjutkan besok saja!... 😜


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah