Kesetiaan Mr X - Keigo Higashino

Tepat setelah menyelesaikan Hujan-nya Tere Liye, saya melihat bahwa Kesetiaan Mr X tersedia. Lekas saya pinjam. Akhirnya! Setelah meminjamnya di musim panas lalu tapi tak sempat menyelesaikannya, menunggu memantau sekian lama, saya bisa melanjutkan membacanya. Kali ini, sampai selesai!...

Alibi yang Sempurna

Kunjungan mantan suami Yasuko berakhir dengan kematian laki-laki yang hendak memerasnya itu. Yasuko berniat melapor ke polisi saat Ishigami mengetuk pintunya, dan menawarkan diri untuk membantunya, menyingkirkan korban dan mengurus semuanya. Yasuko dan putrinya Misato cukup mengikuti petunjuk tetangganya itu saja…

Strategi Ishigami membuat polisi kesulitan mencari pelaku pembunuhan saat korbannya ditemukan kemudian. Semua petunjuk mengarah ke Yasuko, tapi alibinya tak bisa dipatahkan...

Sampai kemudian detektif Kusanagi berkonsultasi dengan sahabatnya Dr Yukawa yang ternyata merupakan sahabat Ishigami di masa kuliah. Ishigami pun harus membuat keputusan drastis untuk melindungi Yasuko sampai akhir...

Cinta, Persahabatan, dan Pembunuhan

Genre misteri, thriller, suspense bukan genre yang saya minati belakangan ini. Belakangan ini saya? Ya! Karena dulu waktu masih remaja, saya suka sekali Trio Detektif atau serial Sherlock Holmes. Entah karena faktor U atau memang hidup sudah begitu menegangkannya, saya lebih suka buku yang santai-santai saja...

Tapi kenapa tidak, asal ada yang merekomendasikannya. Dan buku ini adalah satu dari beberapa karya Keigo Higashino yang dibawa oleh Rijo, penggemar genre pembunuhan, pada zoom KBK bulan Juni 2021 yang kemudian direkam dalam podcast di bulan Juli...

Kalau buku ini yang pertama saya pinjam di iPusnas, itu semata karena ini yang pertama tersedia. Hanya ada dua buku Keigo Higashino yang ada di iPusnas. Untuk membelinya dalam versi Prancis, terus terang saya tak berminat. Karena genrenya itu tadi. Saya lebih memilih Keajaiban Toko Kelontong Namiya yang bergenre fantasy…

Meski sudah berbulan-bulan terpotong, saya tak menemui kesulitan untuk kembali ke dalam cerita. Memang gaya penulisan Keigo Higashino ini memikat sekali. Karena itulah, saya tetap berminat mengoleksi salah satu bukunya untuk menunjukkan penghargaan saya, meski bukan di genre spesialisasinya…

Penerjemahannya juga cukup luwes. Meski saya agak bingung karena ada banyak nama. Lalu dari awal tokoh-tokohnya ber-"aku dan kau". Apakah memang demikian cara berkomunikasi orang Jepang meski pada orang yang baru dikenal? Apalagi di 5 halaman sebelum akhir disebutkan secara khusus bagaimana detektif Kusanagi menggunakan bahasa formal kepada Ishigami...

Meski sudah menebak akhirnya, saya tetap saja terlarut terbawa mengikuti perjalanan penyelidikan detektif Kusanagi. Berusaha menyelami hati Ishigami, sejauh mana dia akan mengusahakan keamanan Yasuko. Penasaran dengan petak-umpetnya dua sahabat jenius Ishigami dan Yukawa dengan kiasan matematika filosofis mereka. Lalu bertanya-tanya, bagaimana penulis membawa kita ke akhir cerita...

Thriller dengan Plot Twist

Dari awal kita sudah tahu apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan ini dituliskan di sampul belakang buku. Karenanya saya juga menuliskan di awal ulasan. Kita sudah tahu. Atau, ya, secara garis besarnya lah. Karena pada layaknya, seperti buku thriller yang bagus, tentu saja buku ini ada plot twist-nya! 

Untuk yang bukan penggemar thriller seperti saya, buku ini menarik juga. Buktinya, saya melahapnya hanya dalam waktu 3 hari saja! Ada deskripsi kekerasan yang mungkin kurang sesuai untuk anak-anak, tapi saya rasa bisa dibaca mulai usia remaja. Namun harus super sabar kalau mau meminjam di iPusnas. Karena saya lihat sudah ada 1900an pengantrinya!... 😅


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah