Review More Books!

Ramadhan hari ke 24. AlhamduliLlaah sahur lancar. Sayangnya Butet sudah kembali ke jadwal beratnya. Hari ini masih lumayan, cuma sampai 15.30. Besok pagi dia sekolah sampai 17.30, dengan dua jam terakhirnya pelajaran olah raga...

Kemarin diumumkan rekapitulasi KLIP Reading Challenge periode pertama, Januari-April 2021. Saya mendapatkan sertifikat dan badge Read More Books! karena sudah menyetorkan satu ulasan. SATU!...

Ternyata bukan hanya saya. Banyak di antara anggota KLIP yang tidak mengetahui keberadaan rapor Reading Challenge ini. Seperti saya, banyak yang mengira Klub Buku KLIP ya tempat share saja. Reading Challenge ya senang-senang, iseng-iseng bagi-bagi link ulasan buku, tanpa catatan seperti setoran bulanan KLIP biasa...

Ada anggota KLIP yang menyatakan bahwa sebenarnya sudah membuat beberapa ulasan. Sudah disetorkan ke setoran bulanan biasa, namun tak disetorkan ke setoran Reading Challenge. Sayang sekali kan ya!?... Karena dibanding setoran bulanan, level setoran di Reading Challenge relatif lebih ringan...

Seperti saya, satu ulasan saja sudah bisa mendapatkan badge Read More Books! Dari 4 ulasan, badge naik menjadi So Many Books, So Little Time! Badge tertinggi adalah Hello, Bookworms! Ini memerlukan minimal 10 ulasan. Dan sesi pertama kemarin, hanya ada satu peserta yang bisa meraihnya!...

Untuk saya sendiri, sebenarnya dari Januari sampai April, jelas tidak hanya membaca satu buku saja. Tapi dari membaca ke membuat ulasan, ada jarak yang memisahkan!... Euh... rasanya pernah menulis begini untuk hal lain deh ya!?... Hehehe...

Sudah beberapa kali saya menulis tentang buku. Kebanyakan memang hanya sekilas saja. Namun ada dua kali saya cerita panjang lebar tentang buku tertentu; saat membeli kado untuk anak teman dan membeli buku untuk Butet. Curcol dengan membahas buku. Bukan diniatkan sebagai ulasan...

Untuk yang diniatkan sebagai ulasan sendiri, selain tentang buku La clé USB yang saya setorkan di Reading Challenge Februari lalu, saya juga sempat menulis ulasan tentang Tiga Antologi Dee Lestari, dan Ma voisine est indonésienne yang merupakan partisipasi dalam Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan April lalu...

Untuk Ma voisine est indonésienne, saya memang tak sempat menyetorkan. Untuk masuk ke tantangan MGN saja, saya menyetorkannya di menit terakhir. Sudah menjelang batas waktu tengah malam WIB. Tak ada usaha untuk menyetorkan ke Reading Challenge sama sekali yang saya pikir juga sudah tutup karena lewat timestamp-nya untuk bulan April. Dan memang akhirnya saya setorkan di tantangan bulanan KLIP untuk bulan Mei...

Saya sempat berniat menyetorkan Antologi Dee Lestari. Sudah ke form setoran. Namun saat bingung di isian "judul buku", saya mandeg. Diisi apa, secara ada 3 buku? Dan saya tak berpikir untuk segera tanya-tanya. Coba tahu kalau ada rapor dan badge, sepertinya saya lebih aktif deh. Sudah ada 3 ulasan. Satu lagi, bisa mendapatkan badge lebih tinggi!...

Heu... Terbukti sekali bahwa adanya apresiasi dan penghargaan itu mendorong kuatnya usaha, ya!?...

Read more books? Hmmm... sepertinya tidak perlu read more deh. Review more saja!... Soalnya kalau cuma read more, kan tidak ada apresiasinya!... 😜


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah