Badge Good Juni 2021

Sebenarnya sudah dari kemarin rapor KLIP keluar. Seperti biasa, tanggal 1. Tapi kemarin ada cerita tentang shopping buku yang sayang dilewatkan. Dan saya tidak yakin bisa menulis minimal 400 kata mengenai raihan badge bulan Juni ini...

Ya! 400 kata! Setelah Juni lalu kuota dinaikkan menjadi 350 kata, bulan Juli ini dinaikkan lagi menjadi 400 kata. Kabarnya, kuota akan naik lagi di bulan Agustus menjadi 450 kata, untuk akhirnya di tahap ke tiga yang dimulai bulan September dinaikkan lagi menjadi 500 kata!


Tapi kalau Juni saya hanya meraih badge Good, bukan karena kenaikan kuota batas kata ini...

Dari awal memang saya agak jenuh. Sudah terbayang banyaknya agenda. Lalu dari pengalaman bulan April yang hanya 30 hari seperti Juni, mengejar 30 tulisan serasa memaksa sekali. Saya tak bisa menyetorkan tulisan dini hari untuk tanggal 1. Yang artinya, saya setor 2 kali di tanggal 1; siang dan malam. Tidak adanya hari ekstra, membuat setoran pas 30 tulisan. Saya merasa curang. Meski sebenarnya memang saya menulis setiap hari... 

Masukan dari wag KLIP tentang menulis yang bagus dan runut juga membuat saya banyak berpikir. Selama ini, saya menulis curahan hati dan pikiran saja. Tak banyak pertimbangan. Karena memang itu tujuan utama saya menulis; meringankan beban perasaan dan pikiran...

Beberapa diskusi di wag mengarahkan untuk menulis dengan lebih banyak pertimbangan; manfaat, keterbacaan, ... Menulis draft saja dulu. Kalau sudah "benar", baru posting...

Awalnya saya berusaha mengikuti saran itu. Apalagi memang sudah tak ada niatan menulis setiap hari. Meski sebenarnya diperbolehkan setor draft. Asal nantinya dikurangkan saat menyetor artikel jadi...

Namun akibatnya banyak draft yang terbengkalai. Draft yang tetap draft, dan tak bisa selesai. Jadi banyak catatan yang akhirnya terlupakan. Tak jadi diposting...

Kemudian ada diskusi lain yang pada intinya meminta penulis untuk mencari gayanya sendiri. Dan ini mengembalikan saya pada niatan awal menulis: mencatat sebelum lupa!

Memang mungkin curhat lah gaya saya. Toh saya memang tak mencari pembaca. Biar mereka yang ingin tahu tentang saya saja yang mencari saya...

Kembali ke badge...

Bulan ini saya berhasil menulis 13 kali dengan total jumlah kata sebanyak 8.614. Rata-rata 718 kata per artikel dengan kata terbanyak 1.183 di catatan tentang Lokakarya BIPA yang ditulis tanpa berpikir...


Dari 124 peserta KLIP bulan Juni, hanya 87 orang yang meraih badge. 17 orang gugur karena tidak meraih badge selama 2 bulan berturut-turut...

Saya ingat di awal tahun, dengan inisial A saya menempati urutan ke 14 dalam daftar peserta berdasar abjad. Memasuki tahap 2, saya di urutan ke 5. Dan mulai bulan Juli ini, saya di urutan ke 4...

Bulan ini ada 10 peserta yang meraih badge oustanding. Tapi sepertinya, saya lebih fokus ke menjaga konsistensi stamina menulis saja dulu lah... 😄


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah