Gelombang Empat

Tiba-tiba saya di-tag di wag yang saya ikuti. Wag yang lebih banyak saya baca saja karena bahasannya biasanya berattt... Makanya saya bilang tiba-tiba. Karena nggak nyangka. Untung saja pas baca!...

Saya di-tag untuk berita mengenai perusakan yang terjadi di dua pusat vaksinasi. Beritanya dilansir website BBC. Memberitakan dua lokasi dekat Grenoble dan Biarritz. Tapi fotonya tentang demo, entah di mana...

Demo

Sabtu kemarin banyak diadakan demo berkaitan dengan pidato presiden 12 Juli yang lalu. Ya! Lagi pandemi juga ada demo! Demo ini sendiri saya lihat ada dua temanya : 

Kewajiban Vaksin bagi Tenaga Kesehatan

Yang adalah pertama memprotes tentang kewajiban vaksin bagi tenaga kesehatan! Di sini saya baru tahu dengan jelas bahwa ternyata banyak juga tenaga kesehatan yang menolam vaksin. 

Memang sudah sempat mendengar informasi tentang beberapa dokter yang menolak vaksin ini. saya rasa silakan saja, kalau dia kerja di tempat praktek sendiri. Kita gampang menghindari mereka, kalau kita tidak sependapat. Lha kalau di rumah sakit?

Menurut saya tidak logis, orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan dan menolak kemajuan. Memang katanya vaksin belum teruji. Trus maunya mengujinya gimana, kalau bukan kita-kita ini?

Jadi saya rela jadi kelinci percobaan? Silakan kalau dianggap begitu. Tapi saya rasa polio juga tak lenyap di tahun pertama pemberian vaksin. Semua butuh waktu...

Pemberlakukan Passe Sanitaire

Alasan ke dua yang saya lihat dalam demo adalah pemberlakukan passe sanitaire. Surat pernyataan sudah lengkap vaksin atau negatif covid 19 mulai berlaku hari ini untuk masuk ke tempat hiburan dan restoran-restoran. Bioskop, museum, gedung pertunjukan, tempat konser, ... Restoran, cafe, ... semua yang menyediakan servis makan di tempat...

Pendemo menganggap kewajiban ini melanggar hak asasi manusia. Mau vaksin atau tidak adalah informasi pribadi. Hanya untuk keperluan pelayanan kesehatan, informasi ini boleh dibuka...

Nantinya passe sanitaire ini akan diperluas ke penggunaan transportasi umum jarak jauh. Juga untuk mengakses rumah sakit. Dan kemungkinan untuk masuk tempat-tempat umum lainnya yang berkapasitas lebih dari 50 orang...

Pendemo mengemukaan argumen, apalagi jika nanti ada kontrol identitas. Apakah benar passe sanitaire yang dipegang adalah benar-benar milik orang yang menunjukkan? 

Dan memang, legalnya, hanya polisi yang boleh memeriksa surat identitas kita...

Dari kedua alasan demo, saya masih belum melihat alternatif apa yang mereka ajukan. Kalau nakes tak mau vaksin, lalu gimana? Kalau masuk ke ruangan tertutup dengan banyak orang tapi tak ada bukti sudah melakukan preventif, lalu bagaimana?

Mungkin ada, cuma saya saja yang belum menemukan...

Berbondongnya Orang untuk Vaksin

Sehari sesudah presiden pidato, platform-platform pembuatan janji temu dibanjiri masyarakat. Call center dibanjiri telepon. Semua ingin vaksin. Secepat mungkin!...

Mereka yang tadinya enggan, berubah menjadi semangat. Takut tak bisa ke rumah makan. Biar bisa tetap ke bioskop!...

Bagus? Ya, bagus juga sih... Cuma masalahnya kami-kami yang menanggung akibatnya. Kami-kami yang sudah duluan vaksin. Yang tadinya diberi jadwal vaksin ke dua jauh-jauh kemudian...

Seorang teman harus mengantri 3 jam sebelum mendapatkan suntikan ke dua karena dipadatkannya janji temu. Di bawah terik panas matahari, pula!... Nomor antrian jadi tak dianggap lagi...

Kami sendiri kesulitan untuk memajukan jadwal suntikan ke dua. Petugas di telepon meminta kami membatalkan dulu jadwal vaksin kami. Tanpa jaminan mendapatkan jadwal yang lebih maju, kami tak berani. Kami jaga jadwal yang diberikan dari awal, yang kebetulan jam 9 pagi seperti jadwal suntikan pertama. Semoga saja belum banyak orang, sehingga tak perlu lama mengantri seperti yang sebelumnya...

Gelombang Empat

Hari ini, saya mendengar berita kalau Prancis mulai gelombang ke empat. Meski gelombang kecil, tetap saja kurva naik lagi... 

Departement kami sendiri sudah masuk zona merah. Merah untuk rasio jumlah kasus. Kenaikan spesial terjadi untuk rentang usia di bawah 30 tahun. Efek liburan musim panas, sepertinya...

Sampai saat ini, pasien masih masih bisa tertangani di rumah sakit, dan jumlah meninggal kecil saja. Semua sepakat kalau itu berkat vaksin...

Semua?... Tidak semua lah. Masih ada yang menentang vaksin begitu kok!...

Semoga semua tetap bisa terkendalikan dan pandemi lekas pergi dari muka bumi. Aamiin... 🙏


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah