Ramadan 2022

Mosquée de Paris mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1443 H di Prancis bertepatan dengan 2 April 2022. Insya Allah besok pagi kami bersama umat muslim di Prancis dan berbagai belahan dunia mulai berpuasa Ramadan...

Lega... Setelah beberapa hari bahkan minggu bertanya-tanya kapan mulainya puasa. Senang, bahwa mulainya di akhir pekan. Bisa mengawali Ramadan dengan lebih tenang dan santai...

Baru sadar beberapa waktu yang lalu, bahwa Conseil Français de la Culte Musulmane (CFCM) untuk sementara dibekukan. Tidak aktif karena ada konflik entah apa di dalamnya. Sangat disayangkan, secara CFCM ini saya harapkan bisa menyatukan muslim Prancis yang masih saja terkotak-kotak dalam berbagai komunitas kedaerahan. Dan CFCM inilah yang kami jadikan panduan untuk penentuan tanggal-tanggal penting keislaman...

Tanpa CFCM, saya memantau Mosquée de Paris dan juga Mosquée Iqra, masjid besarnya kota Cannes. Masjid terdekat yang terletak di pusat kota Cannes tidak memiliki kanal informasi yang mudah diakses. Saya sudah tak mengikuti facebooknya lagi sejak jauh lebih lama sebelumya. Karena saya lihat sudah diakuisisi oleh entah siapa...

Tahun-tahun sebelumnya, saya hanya memantau website Masjid Paris saja. Kemudian beranjak ke twitternya. Meskipun saya sendiri tak memiliki akun twitter. Beberapa tahun belakangan ini twitternya terbukti lebih cepat diupdate dan tidak ada resiko down yang sering terjadi menjelang pengumuman 1 Ramadan. Tapi untuk penentuan Ramadan tahun ini, twitter Masjid Paris malah merujuk ke laman facebook-nya!

Baiklah, saya pun meluncur ke sana. Refresh berkali-kali sambil menyiapkan membuat bakso. Rencananya, saya ingin memasak bakso untuk sahur hari pertama puasa. Biar Butet semangat bangun sahurnya!... 

Sekitar jam 6 ada posting di facebook Masjid Paris yang menyatakan akan ada update jam 18.45. Tanggung sekali! Saat merebus bakso, tangan jelas belepotan. Tak praktis untuk refresh-refresh browser!

Tapi tak apa. Rebus bakso saya lakukan dalam 3 gelombang. Antar gelombang, saya sempatkan refresh browser... 

Hahaha... Mau update aja penuh planning begini ya?... Tapi memang saya menunggu kepastian untuk lebih bisa merencanakan. Apakah saya harus merebus tulang sumsum, atau bisa menunggu besok saja?... Halah!...

Akhirnya justru dengan bantuan Butet saya pertama kali mendapatkan beritanya. Butet yang merefresh browsernya. Kebetulan, saya sudah memasukkan semua bakso ke dalam air mendidih...

Lekas cuci tangan, cek facebook, lalu share. Pertama, ke grup pengajian yang sudah seharian menunggu-nunggu. Baru kemudian ke laman facebook sendiri. Saya sempatkan mengirim pesan ke dua komunitas yang grupnya ada di telegram. Mumpung di depan komputer. Kalau yang di whatsapp bisa nanti saja di smartphone...

Masjid Cannes update tak lama kemudian dengan keputusan yang sama. AlhamduliLlaah. Karena sempat keder juga mendengar di Indonesia pemerintah memutuskan bahwa Ramadan mulai 3 April, berbeda dengan keputusan Muhammadiyah yang sudah menentukan 2 April sejak jauh hari...

Memang kemudian saya lihat Masjid Paris kembali memposting pengumuman keputusan penentuan Ramadan ini, yang ternyata disepakati oleh 7 federasi muslim yang ada di Prancis...

 

BismiLlaah...

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga sehat, lancar, khusyu' dalam beribadah di bulan yang mulia ini, mendapat berkah dan ampunan-Nya. Aamiin... 🙏


Comments

Popular posts from this blog

Memimpikan Bandung Tanpa Macet

Televisi

Pindah or not Pindah